Bintek Perlindungan Tenaga Kependidikan (Hari 1)

22 October 2019, 21:42 WIB
1 2 203
Gambar untuk Bintek Perlindungan Tenaga Kependidikan (Hari 1)
Kupang (Selasa, 22 Oktober 2019) - Penulis bersama teman satu pesawat check in di hitel sekitar jam 16.50. Setelah menyelesaikan persyaratan administrasi di meja panitia bintek, kamipun dipersilahkan memasuki kamar hotel masing-masing sambil menunggu acara pembukaan.

Menurut jadwal, acara pembukaan kegiatan bintek sedianya diadakan jam 16.00 namun karena para peserta belum seluruhnya hadir, maka acara diundur ke jam 20.00 sehingga waktu yang ada sebelum sesi pembukaan, kami manfaatkan untuk beristirahat beberapa saat agar tenaga cepat pulih kembali setelah terbang cukup jauh.

Setelah makan malam, tepat pada jam 20.00 waktu setempat acara pembukaan dimulai. Pada acara pembukaan diawali dengan menyanyikan lagu wajib nasional yang dipimpin oleh salah seorang ibu kepala sekolah dari provinsi Bali. Setelah itu dilanjutkan dengan do'a yang dipimpin oleh Bapak Supandi, S.Pd. Beliau adalah kepsek SDN 1 Sumbawa.

Acara selanjutnya adalah laporan panitia penyelenggara. Dalam kesempatan ini ketua penyelenggara melaporkan beberapa hal terkait dengan Bintek Perlindungan Tenaga Kependidikan antara lain:
1. Tujuan bintek adalah a). memberikan pemahaman bahwa tenaga kependidikan mendapat perlindungan dalam melaksanakan tugas profesinya, b) memberikan pemahaman yang komperhensif baik secara teoritis maupun praktis tentang perlindungan tenaga kependidikan yang meliputi hukum, profesi, keselamatan dan kesehatan kerja, dan/atau hak atas kekayaan intektual, 3). Memberikan keterampilan teknis dalam upaya melakukan tindakan perlindungan.
2. Sasaran kegiatan adalah 180 orang tenaga kependidikan yaitu kepala sekolah penyelenggara program Penguatan Pendidikan Karakter (P2K) dan Kepala sekolah Mitra pada program kemitraan kepala sekolah di lingkungan Kemdikbud.
3. Hasil yang diharapkan adalah a). adanya pemahaman konsep dan prosudur perlindungan pendidik dan tenaga kependidikan dalam pelaksanaan tugas, b). Terwujudnya perlindungan bagi tenaga pendidik yang meliputi perlindungan hukum, profesi, keselamatan dan kesehatan kerja, dan/stau hak atas kekayaan intelektual secara merata diseluruh tanah air, c). Terwujudnya rasa kesetiakawanan antar sesama tenaga kependidikan dalam menghadapi permasalahan perlindungan hukum, profesi, keselamatan kerja, dan/atau hak atas kekayaan intelektual, d,). Terciptanya keamanan dan kenyamanan bagi tenaga kependidikan dalam melaksanakan tugas profesinya, dan e). Terlaksansnya pemberian perlindungan bagi tensga kepebdidikan sesuai dengan ketentuan dan mekanisme yang telah ditentukan.
4. Waktu dan tempat pelaksanaan adalah mulai tanggal 22 sd 25 Oktober 2029 dan bertempat di Hotel Swiss-Belinn Kristal Jln. Timor Raya No. 59 Pasir Panjang Kec. Kota Lama Kota Kupang NTT.
5. Strategi Pelsksanaan adalah secara klasikal dengan pola tatap muka, menggunakan metode ceramah, diskusi, study kasus, tugas mandiri, simulasi dan pemecahan masalah. Demikian laporan dari panitia penyelenggara kemudian dilanjutkan dengan acara pengarahan dan membuka Bimtek secara resmi oleh Bapak Eko Budi Hartono, S.E., M.M. Kepala Subdirektorat Kesejahteraan, Penghargaan, dan Pelindungan Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Sebelum acara pengarahan, Bapak Kepala Subdirektorat Tenaga Kependidikan membuka secara resmi kegiatan Bintek Perlindungan Tenaga Kependidikan. Setelah acara dibuka secara resmi, dilanjutkan dengan pengarahan.

Dalam pengarahan, beliau menyampaikan program,-program kemdikbud, kemudian menjelaskan visi misi Kemdikbud dan menjelaskan terkait dengan Bintek Perlidungan Tenaga Kependidikan secara detail dan mendalam.
Sebelum acara pembukaan ditutup, dilanjutkan dengan Pre-tes dengan alokasi waktu yang diberikan adalah selama 30 menit.

Demikian kegiatan hari pertama Bintek Perlindungan Tenaga Kependidikan. Semoga postingan ini bermanfaat.

  2 Komentar untuk Bintek Perlindungan Tenaga Kependidikan (Hari 1)

Tulis komentarmu...

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Ibu Ratna Memberdayakan Ibu-Ibu Dengan Mengolah Kain Limbah Industri Garmen

    Wiwik Uliel  di  Trucuk, Klaten  |  22 Sep 2020
  2. MENGAWAL KEBIJAKAN RESPONSIF JENDER DARI DESA

    Yani Mashudi  di  Manyar, Gresik  |  23 Sep 2020
  3. KOMUNITAS BELAJAR MADANI SOLO (KOMBES) terbentuk!

    Tina Dewi S  di  Surakarta Kota  |  22 Sep 2020

Komentar Terbanyak

  1. 15
    Komentar

    Royongan Komposter

    Narumi Akana  di  Wonosobo  |  27 Sep 2020
  2. 4
    Komentar

    Ibu Ratna Memberdayakan Ibu-Ibu Dengan Mengolah Kain Limbah Industri Garmen

    Wiwik Uliel  di  Trucuk, Klaten  |  22 Sep 2020
  3. 3
    Komentar

    FORUM MADANI WONOSOBO

    Bhayu Surya  di  Wonosobo, Wonosobo  |  24 Sep 2020
  4. 2
    Komentar

    Goes Anyer Lagundi 31 Oktober 2020

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Pasar Rebo, Jakarta Timur  |  27 Sep 2020