BIMTEK PENINGKATAN KOMPETENSI BERBASIS TI UNTUK PTK PAUD DAN DIKMAS

64780 medium 20190626 221721 collage
Perkembangan teknologi informasi kini terus mengalami kemajuan yang sangat pesat bahkan batas wilayah, jauh jarak serta kecepatannya sudah tidak menjadi kendala dan dapat diatasi. Melalui teknologi ini membuat segalanya menjadi mudah, lebih efektif dan efisien, seperti mudahnya kita memperoleh informasi yang dibutuhkan, kapanpun dan dimanapun kita berada. Semua itu kita peroleh hanya dengan menghubungkan computer atau smartphone ke jaringan internet maka kita melakukan akses tanpa batas. Teknologi informasi yang berbasis computer dan internet ini telah dipergunakan diberbagai bidang kehidupan termasuk bidang pendidikan.

Dunia pendidikan-pun telah mengalami perubahan yang sangat drastis. Munculnya istilah pendidikan 4.0 sudah sering kita dengar dan para ahli yang menyebutnya adalah suatu cara yang mengintegrasikan teknologi cyber baik secara fisik kedalam pembelajaran. Di dalam pendidikan 4.0 lebih mengedepankan perpaduan antara manusia dengan mesin yang diselaraskan untuk mendapatkan solusi, memecahkan masalah sehingga dimungkinkan untuk menemukan suatu inovasi baru. Inovasi ini akhirnya memunculkan kecerdasan pemikiran, penciptaan teknik mesin seperti robot, penemuan pengobatan dibidang kesehatan, perkembangan dibidang industry dan perdagangan serta media informasi secara cepat dan eksponensial.

Timbulnya dampak dari pendidikan 4.0 di Indonesia tentunya juga harus diantisipasi dengan mempersiapkan pendidik, tenaga kependidikan yang handal dan peserta didik mampu menyerap teknologi secara bijak yang berarti siap menghadapi era kemajuan teknologi digital dan perkembangannya. Untuk itu kompetensi pendidik harus lebih dahulu diutamakan sehingga dapat mengarahkan pendidikan melalui proses belajar mengajar menjadi lebih terarah sesuai dengan norma-norma kehidupan.

Kemendikbud sebagai Regulasi yang menangani permasaahan mutu pendidik terus membuat terobosan dalam rangka pmempercepat peningkatan kompetensi dan kualifikasi pendidiknya, karena pentingnya kualifikasi guru ini akan meningkatkan pula kualitas peserta didiknya. Salah satu programnya adalah Pembelajaran melalui Model Rumah Belajar.

Program Rumah Belajar ini adalah cara belajar yang lebih efektif dan efisien, karena tidak lagi mempertemukan guru dan murid secara langsung, namun bertemunya dalam kelas virtual (pembelajaran online) dan dapat diakses secara luas oleh berbagai perangkat elektronik yang memiliki fungsi khusus seperti computer dan telepon genggam (gadget). dengan adanya berbagai manfaat tersebut maka teknik pembelajaran online ini ini perlu juga diperkenalkan bagi para pendidik PAUD dan Dikmas sehingga akan menambah Ilmu Pengetahuan dan wawasan dalam melakukan proses belajar mengajar secara online.

Dalam rangka mensosialisasikan Program Pembelajaran melalui Rumah Belajar ini, Dirjen GTK PAUD dan Dikmas mengadakan Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Berbasis Teknologi Informasi untuk PTK PAUD dan Dikmas. Kegiatan Bimtek yang berlangsung selama empat hari yakni tanggal 26 juni sampai dengan tanggal 29 juni 2019 ini diadakan di Balitong Resort Pasir Padi Jl. Raya Psir Padi, Air Itam,Bukit Intan Kota Pangkal Pinang provinsi Bangka Belitung. Peserta Bimtek ini berjumlah 90 orang yang terdiri dari unsur IGTKI (Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia), HIMPAUDI (Himpunan Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, serta ikut bergabung juga peserta dari Organisasi Mitra PTK PAUD dan DIKMAS dan peserta dari Dit.PGTK PAUD dan DIKMAS pusat.

Kegiatan Bimtek yang sudah berada di hari kedua ini mempunyai tujuan untuk meginformasikan kebijakan dan meningkatkan komptensi PTK PAUD dan Dikmas dengan cara memberikan bimbingan teknis pada pembelajaran online tersebut melalui pemanfaatan rumah belajar sesuai dengan arah kebijakan pemerintah.

Akhir kata, semoga dengan adanya Bimtek ini, akan terlahir pendidik-pendidik PAUD yang handal, mampu menyerap teknologi secara bijak yang berarti siap menghadapi era kemajuan teknologi digital dan perkembangannya. Aamiin...


Sudah dilihat 70 kali

Komentar