Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu

25727 medium img 20180520 wa0077
KEDIRI. Panwascam Pesantren menyelenggarakan sosialisasi pengawasan tahapan pemilu legislatif dan pemilihan prsiden yang diadakan di gedung serba guna Kelurahan Pesantren Kecamatan Pesantren, minggu (20/05/2018)

Sosialisasi ini diikuti Ketua Panwascam Kecamatan Pesantren Maksum, Camat Pesantren Eko Lukomono Hadi, Danramil Pesantren Kapten Arm Nur Solikin dan Kapolsek Pesantren Kompol Nursyiana ,serta PPS se-Kecamatan Pesantren.

Diawal sosialisasi, Eko Lukmono Hadi menyampaikan bahwa seluruh warga Kediri yang memiliki hak pilih, memahami tujuan utama dilaksanakannya pemilu, serta dapat turut serta melakukan pengawasan partisipatif demi pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil sebagai partisipasi rakyat dalam pemilu.

Sementara itu, Maksum menjelaskan ,”Tujuan Panwascam mengadakan kegiatan ini , tujuannya adalah masyarakat juga bisa ikut melakukan pengawasan demi tegaknya keadilan pemilu sesuai dengan moto Panwaslu RI yaitu bersama rakyat awasi Pemilu, bersama bawaslu tegakkan keadilan Pemilu”.

Mengenai agenda demokrasi di tahun 2018 ini, ia menjelaskan bahwa pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018 sesuai amanat undang-undang. Pelaksanaan Pilkada serentak dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang.

“Hal yang mendasari dilaksanakannya Pilkada secara serentak adalah diharapkan bisa meminimalisir biaya Pilkada, karena pendanaannya dilakukan secara sharing dengan provinsi, terlebih lagi apabila kondisi APBD yang terbatas, tentu saja hal ini merupakan suatu keuntungan tersendiri,” sambungnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, Pilkada secara serentak dapat mengefesiensi waktu pelaksanaan. Masyarakat tidak harus beberapa kali datang ke TPS untuk memilih Walikota dan Wakil Walikota Kediri ,serta Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim, tetapi cukup sekali saja sehingga masyarakat tidak jenuh.

Selain penjelasan Panwascam, Danramil dan Kapolsek Pesantren secara bergantian menyampaikan pandangannya seputar keterlibatan TNI dan Polri dalam pengamanan pilkada serentak mendatang.
Sudah dilihat 53 kali

Komentar