Berkebun Bersama Wujudkan Ketahanan Pangan di Masa Pandemi

2 0 57
Gambar untuk Berkebun Bersama Wujudkan Ketahanan Pangan di Masa Pandemi
Masa pandemi COVID-19 mengakibatkan masyarakat mengalami penurunan pendapatan hingga kehilangan mata pencaharian. Mereka harus prihatin dan berhemat, di samping harus mematuhi himbauan pemerintah sebagai dukungan penanganan COVID-19. Sementara itu, tuntutan kebutuhan hidup sehari-hari juga harus mereka cukupi. Keadaan ini lantas membuat masyarakat mempunyai gagasan agar tidak tenggelam dalam keterpurukan akibat merosotnya perekonomian di masa pandemi. Mereka mulai memikirkan ketahanan pangan mereka sendiri, salah satu caranya yaitu dengan berkebun, menanam tanaman pangan cepat panen. Tak bisa dipungkiri, berkebun kini kian menjadi trend yang memberi dampak positif bagi banyak masyarakat. Dengan berkebun, masyarakat jadi hemat uang belanja dan mempunyai kegiatan positif di masa pandemi.

Hal ini pula yang menggerakkan warga Kelurahan Gilangharjo untuk membetuk ketahanan pangan sendiri. Kelompok Tani Harjo yang merupakan gabungan petani di wilayah Gilangharjo terlebih dahulu membentuk lumbung pangan dan menginspirasi warga desa yang lain. Dengan semangat gotong royong, mereka didukung oleh Pemerintah Desa Gilangharjo, bersama-sama menanam berbagai benih sayuran seperti kangkung, bayam, tomat, terong, cabai, dan sebagainya. Benih-benih tersebut ditanam dalam jumlah yang banyak dan disemaikan dalam polybag. Ada juga yang langsung ditanam dalam bedengan.

Penyemaian dan perawatan mereka lakukan dengan metode organik hingga panen tiba. Tanaman yang relatif cepat panen seperti kangkung, mereka panen terlebih dahulu. Hasilnya tak hanya dibagi untuk mereka sendiri yang menjadi anggota tani, tetapi juga dibagikan kepada warga sekitar yang dinilai sangat membutuhkan. Menurut mereka, adanya lumbung pangan ini sangat membantu di masa pandemi. Mereka menjadi lebih hemat pengeluaran, bisa mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, dan mengisi waktu luang dengan kegiatan positif.

Begitu pula halnya dengan warga lain. Contohnya yang dilakukan oleh warga Dusun Jodog, Gilangharjo. Mereka juga membuat lumbung pangan sendiri dengan menanam benih sayur-sayuran. Pengerjaannya mulai dari penyiapan lahan kebun, membuat media tanam, penyemaian benih, hingga perawatannya mereka lakukan secara bersama-sama. Sayuran yang mereka dapatkan sangat melimpah, sehingga selain untuk dikonsumsi sendiri, merekapun berinisiatif untuk menjualnya kepada warga di luar dusun yang berminat.

Berkebun di masa pandemi ternyata tak hanya menjadi andalan agar pengeluaran semakin hemat, namun justru berpeluang menjadi lahan penghasilan. Selain itu, dengan berkebun bersama, warga bisa saling dukung-mendukung dan saling meringankan beban, serta memupuk rasa peduli satu sama lain. Mereka tentu berharap pandemi ini lekas usai dan mereka dapat melaluinya bersama dengan baik. #wargalawancovid19 #madanicovid19

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Komunitas Motor (Sezari C70 ) Lombok Timur Peduli Lingkungan

    sosiawanputra  di  Pringgasela, Lombok Timur  |  26 Nov 2020
  2. Semangat Harlah KOPRI dari Pulau Putri

    Nensi Indri  di  Gresik  |  30 Nov 2020
  3. Suro Amerta Surokarsan Titik Finish Gowes Bareng Promosi Wisata Kampung

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  29 Nov 2020
  4. TASYAKURAN PEMBUKAAN KEMBALI SSB PELITA TUNAS CICURUG-SUKABUMI

    Firman Ardiansyah  di  Cicurug, Sukabumi Kabupaten  |  29 Nov 2020

Komentar Terbanyak

  1. 2
    Komentar

    TASYAKURAN PEMBUKAAN KEMBALI SSB PELITA TUNAS CICURUG-SUKABUMI

    Firman Ardiansyah  di  Cicurug, Sukabumi Kabupaten  |  29 Nov 2020
  2. 2
    Komentar

    Hayya 'Alal Jihad Itu Lafazh Bid'ah Dalam Azan

    Satriandesta Mahadyasastra  di  Kemang, Bogor Kabupaten  |  30 Nov 2020
  3. 1
    Komentar

    Jurus Jitu Camat Menurunkan Angka AKI-AKB

    Sarip Hidayatulloh  di  Parungkuda, Sukabumi Kabupaten  |  29 Nov 2020
  4. 1
    Komentar

    Komunitas Motor (Sezari C70 ) Lombok Timur Peduli Lingkungan

    sosiawanputra  di  Pringgasela, Lombok Timur  |  26 Nov 2020