Beritakan Lingkungan Sekitar, Pemuda Lamongan Adakan Kelas Jurnalisme Warga

6 2 166
Gambar untuk Beritakan Lingkungan Sekitar, Pemuda Lamongan Adakan Kelas Jurnalisme Warga
Caption : Pemuda Lamongan adakan Kelas Jurnalisme Warga untuk memberitakan lingkungan sekitar.

Sejumlah pemuda Dusun Mencorek, Desa Sendangharjo, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, mengikuti acara Kelas Jurnalisme Warga. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, Sabtu-Minggu (21-22 November 2020). Tidak hanya peserta dari kampung setempat, kegiatan ini juga diikuti beberapa pemuda dari desa lain.
Dengan dipandu Alfan Iskandar selaku direktur Yayasan Saka Warga Indonesia sebagai fasilitator, menambah semarak acara yang diselenggarakan di gedung Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) At-Thohiriyah ini.
Acara yang diselenggarakan oleh Rumah Kreatif Mencorek (RKM) bekerjasama dengan BaleBengong (media warga berbagi cerita), SpendeDirekt, Atmago, ini menghadirkan dua pemateri yaitu Anjar Dwi Pradipta selaku fotografer Radar Lamongan, dan Ahmad Yakub selaku jurnalis Media Indonesia.
Anif Miftahuddin, selaku pimpinan Rumah Kreatif Mencorek menjelaskan, kegiatan Kelas Jurnalisme Warga tersebut diadakan untuk menggali potensi para pemuda di Lamongan, khususnya pemuda kampung setempat. Selain itu, tujuan diselenggarakan acara ini juga untuk mengajak pemuda agar turut terlibat mengenali isu-isu permasalahan yang ada disekelilingnya. Begitu juga dengan mengidentifikasi potensi wisata maupun kerajinan yang ada di desa.
"Kami berharap kawan-kawan bisa ikut aktif mengabarkan lingkungannya sendiri, baik itu potensi maupun permasalahan yang ada. Misalnya seperti jalan rusak, gorong gorong rusak, ataupun korupsi tingkat lokal" kata pria yang juga peternak ayam petelur ini
Tujuan lain diadakan kegiatan ini, lanjut pria dua anak tersebut, dia bercita-cita agar peserta yang mengikuti acara ini bisa menambah jaringan dan mempererat tali silaturrahmi.
Dengan begitu, lanjutnya, dikemudian hari bisa saling bersinergi untuk mengadakan kegiatan bersama lagi. "saatnya warga berdaya bersama mengabarkan apa yang ada disekelilingnya. Biar informasi itu tidak hanya dari media-media arus utama saja," pungkasnya.
Izza Fajriyah (19), salah satu peserta mengaku senang bisa bergabung di kegiatan yang diadakan terbatas untuk 15 orang ini. Baginya ini merupakan pengalaman pertama.
Selain itu, di kegiatan ini dia juga bisa mendapatkan ilmu baru yaitu tentang bagaimana cara mengambil foto yang bagus, memberikan keterangan foto. Lebih penting pula melalui acara ini dia bisa mengetahui bagaimana cara menulis berita menurut kaidah jurnalistik "ternyata tidak mudah juga untuk jadi pewarta, saya bisa banyak belajar diacara ini. Minimal tahu 5W1H. Terimakasih kepada semua pihak yang sudah berkenan mengadakan kegiatan seperti ini," ujar perempuan asal Desa Cumpleng, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, ini.

#JWtraining #RKM
#Socialmendia4SocialGood
#Mencorek
#Balebengong
#KJWLamongan

  2 Komentar untuk Beritakan Lingkungan Sekitar, Pemuda Lamongan Adakan Kelas Jurnalisme Warga

Tulis komentarmu...

Zuria Qurrotul Aini

Aamiinn pak ketum Aamiin
Seperti yang di katakan oleh bang Falahi Mubarok
"Naikkan jangkar, mari kita kembali berlayar agar bendera RKM terus berkibar" semoga projek" RKM bisa berjalan dg istiqomah dan Bermanfaat dalam kehidupan Masyarakat🙏🏻😊

Anif Miftahudin

Tamu
Semoga next projek akan lebih berkualitas.
Sukses selalu buat RumahKreatifMencorek

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Komunitas Motor (Sezari C70 ) Lombok Timur Peduli Lingkungan

    sosiawanputra  di  Pringgasela, Lombok Timur  |  26 Nov 2020
  2. TASYAKURAN PEMBUKAAN KEMBALI SSB PELITA TUNAS CICURUG-SUKABUMI

    Firman Ardiansyah  di  Cicurug, Sukabumi Kabupaten  |  13 jam lalu
  3. FAMILY GATHERING KOMUNITAS PECINTA KUCING PANTURA DI TKP PACIRAN

    Ulya Himama  di  Paciran, Lamongan  |  12 jam lalu

Komentar Terbanyak

  1. 2
    Komentar

    TASYAKURAN PEMBUKAAN KEMBALI SSB PELITA TUNAS CICURUG-SUKABUMI

    Firman Ardiansyah  di  Cicurug, Sukabumi Kabupaten  |  13 jam lalu
  2. 1
    Komentar

    Komunitas Motor (Sezari C70 ) Lombok Timur Peduli Lingkungan

    sosiawanputra  di  Pringgasela, Lombok Timur  |  26 Nov 2020
  3. 0
    Komentar

    Kelurahan Halim Perdanakusuma Terima Paket Bansos DKI Tahap 10⁣

    Satriandesta Mahadyasastra  di  Makasar, Jakarta Timur  |  24 Nov 2020
  4. 0
    Komentar

    Keutamaannya Jika Kamu Baca Al-Qur'an

    Satriandesta Mahadyasastra  di  Cengkareng, Jakarta Barat  |  28 Nov 2020