Bergerak Dengan 1000 Rupiah

5 July 2019, 7:14
9 0 64
Gambar untuk Bergerak Dengan 1000 Rupiah
Awal mula di buat tabungan harian seribu rupiah ini terinspirasi dari sisa uang belanja yang tercecer di tempat bumbu dapur. Sehingga tugiana berfikir seandainya uang ini dikumpulkan pasti akan lebih bermanfaat. Maka munculah ide membuat tabungan harian seribu rupiah.
Dimulai dari uang yang nilainya kecil tapi bila kita mau mengerakkan orang-orang khususnya perempuan, maka uang tersebut akan menjadi besar dan sangat bermanfaat bagi para anggota yang ikut tabungan, dengan satu contoh ketika kita terdesak misalnya ada kemalangan, undangan atau keperluan mendadak lainya, kita bisa pinjam dan tidak dibebankan dengan bunga pinjaman dan uang atsminitrasi pinjaman, sedangkan uang tulis (istilahnya) pemegang tabungan hanya meminta seribu rupiah perbulannya dari setiap anggota, ditahun 2017 dengan jumlah anggota 70 orang, dalam kurun waktu 11 bulan total omset tabungan ini berjumlah kurang lebih 15 juta.

Pengutipan tabungan seribu rupiah perhari ini bisa dilakukan kapan saja, bisa nabung sebulan sekali, seminggu sekali atau kapan saja saat anggota punya uang.
Disini juga ada aturan yang harus dipatuhi oleh anggota, tabungan bisa dipinjamkan kepada anggota setelah tabungan berjalan 3 bulan tanpa bunga, dan dikembalikan paling lambat 1 bulan sebelum tabungan dibagikan, biasanya tabungan dibagi 2 minggu sebelum Lebaran/Hari Raya Idul Fitri.

Kegiatan tabungan harian ini digagas oleh Tugiana, salah seorang staf harian yang bekerja di HAPSARI, berasal dari Desa Pondok Tengah Kecamatan Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai, Desa yang cukup jauh dari kota perbaungan berjarak kurang lebih 13 km, Sedangkan yang menabung adalah warga desa pondok tengah ditambah teman-teman dari HAPSARI. dimulai dari tahun 2015 sampai dengan sekarang, Alhamdulilah anggota tabungan setiap tahunnya, tidak kurang dari 50 orang.

  Komentar untuk Bergerak Dengan 1000 Rupiah

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!