Benteng Willem 2, Saksi Bisu Kekalahan Perancis Di Jawa

24676 medium b willem ii ungaran
Benteng Willem II. Benteng yang terletak di kiri jalan bila anda dalam perjalanan menuju Yogyakarta, Surakarta, Magelang, Salatiga dan sebaliknya di kanan jalan, bila anda menuju Kota Semarang. Namun siapa sangka, meskipun bentuknya kecil dan tidak seperti benteng-benteng pada umumnya, benteng ini merupakan salah satu saksi bisu kekalahan Perancis dalam perang Inggris-Perancis di tanah Jawa dan merupakan salah satu benteng yang dibangun Belanda untuk meredam pemberontakan Tionghoa-Jawa (Geger Pecinan) 1740-1743 juga merupakan benteng tempat singgah Pangeran Diponegoro sebelum diasingkan ke Makassar dari Magelang.
Pada tahun 1810, setelah menaklukkan Belanda, Kaisar Perancis, Napoleon Bonaparte, mengutus Hermann Daendels untuk menjabat sebagai gubernur daerah Kolonial Hindia Belanda Timur. Pada bulan September 1811, pasukan Inggris di bawah pimpinan Sir Samuel Auchmuty, setelah melakukan serangkai peperangan di Cilincing dam Batavia, akhirnya tiba pasukan Inggris di Semarang.
Pasukan Perancis, di bawah pimpinan Jan Willem Janssen, menyusun kekuatan di daerah Jatingaleh, di kaki bukit Gombel. Kekuatan pasukan Perancis sendiri terdiri dari pasukan Surakarta (Legiun Mangkunegaran), pasukan Yogyakarta, dan beberapa pasukan gabungan Perancis dan Belanda sendiri terdiri dari 8000 pasukan melawan pasukan Inggris yang ' hanya' 1200 orang.
Dengan taktik cerdik Inggris yang menyerang secara tiba-tiba dan mendadak pada waktu pagi dini hari, diiringi dentuman meriam yang membuat kegaduhan dan mengagetkan gabungan pasukan Perancis-Jawa, barisan pasukan Perancis Jawa ini akhirnya dibuat kocar kacir dan melarikan diri ke markas besar pasukan mereka di Benteng Willem II.
Pasca Pertempuran Jatingaleh ini, Jansen akhirnya menyerah di Tuntang, Salatiga. Berakhirlah kisah pendudukan Perancis di Indonesia umumnya dan di Pulau Jawa khususnya, yang selanjutnya digantikan oleh pendudukan Inggris, yang dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles.

Sumber :
https://www.kompasiana.com/ciput.putrawidjaja/pertempuran-jatingaleh-1811-waterloo-van-java_591b31571cafbde077971135
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Benteng_Willem_II_Ungaran
https://kilasbuku.wordpress.com/tag/jatingaleh/

Komentar