Belum ada kejelasan pembangunan depo LRT, warga jatimulya Kab Bekasi resah

48652 medium post 55166 29795d0a 9bd6 4a1a 9df2 7ae36ef0ce8a 2019 02 02t10 02 06.833 07 00
Belum jelasnya pembebasan lahan di Kampung Jati Terbit di Kelurahan Jatimulya, Kabupaten Bekasi terkait pembangunan depo Light Rail Transit ( LRT) Jabodebek membuat warga yang tinggal di wilayah itu resah.
Hingga saat ini warga di lokasi tersebut masih melakuka aktifitas seperti biasanya.
Ketua Forum Komunikasi Warga Kampung Jati Terbit, Sondi Irwanto Silalahi mengatakan, sudah dua tahun proses pembebasan di wilayahnya berlangsung, namun belum juga selesai. Ketidak transparannya pemerintah dalam pembebasan lahan kepada warga yang terdampak menyebabkan proses itu belum rampung.
"Pembebasan lahan itu kan ada beberapa tahap yang harus dilakukan, seperti tahap sosialisasi. Harusnya warga diundang, konsultasi publik. Ini enggak dijalankan, itu saya tanyakan di sosialisasi pertama itu mana konsultasi publiknya? Harusnya dijalankan dan semua warga terlibat semua," ucapnya kepada Kompas.com, Jumat (1/2/2019).
Iya tegaskan jika pembangunan
Depo LRT Jabodetabek tidak membuat warga kesal atau kecewa, malah mendukung, warga Hanya meminta kejelasan dan keterbukaan kepada pemerintah terkait pembangunan depo LRT di sana, bera luas lahan yang dipaka, dan rumah di lokasi mana yang kena penggusuran serta berapa jumlahnya.
"Masyarakat resah, saya bilang sama pejabat BPN (Badan Pertanahan Negara) satu hari-dua hari proses pengukuran selesai, asalkan pejabat Kemenhub datang dan jelaskan ke warga. Kami memaksa kepala BPN buat surat tertulis berapa ukuran depo. Jadi jangan dibilang masyarakat melawan," ucapnya
Sempat ada warga yang bertemu dan membahas ini namun samlai sekarang belum tada kejelasan lagi.
"Harganya segini, dikasih janji tapi janji yang enggak bisa kami pegang, Ketika dituntut, enggak bisa dibuktikan. Pada kenyataannya begitu lihat angka yang belum final atau (disepakati) tertulis itu, Jadi, pada akhirnya masyarakat bingung," tutur Sondi.
Sumber:kompas.com
Sudah dilihat 35 kali

Komentar