Belajarmembatik sama dengan ikut melestarikan budaya bangsa.

37135 medium 43696234 1933960700021081 1128435874577514496 n
Toko Batik Besurek " Berkat'S "
Jl. Putri Gading Cempaka RT4/1 Kel Penurunan, Kec Ratu Samban, Kota Bengkulu
No HP 0822-7846-9992

Pariwisata merupakan salah satu penyumbang devisa untuk tiap daerah dan wisata budaya wajib untuk kita lestarikan bersama supaya tetap ada. Provinsi Bengkulu merupakan sebuah Provinsi yang memiliki 9 Kabupaten dan 1 Kotamadya. Dengan ber-ibukota Kota Bengkulu. Di kota Bengkulu banyak sekali Destinasi Budaya/Peninggalan bersejarah dan tempat wisata mulai dari Pantai yang terbentang panjang, Benteng Malbourgh, Tugu Thomas Part, Rumah Pengasingan Bung Karno, Rumah Ibu Fatmawati, Masjid Jamik dan masih banyak lagi.
Kota Bengkulu juga identik budaya wisata membatik. Ikut melestarikan membatik berarti kita ikut menjaga budaya bangsa. Di kota Bengkulu kain batik biasa disebut dengan Kain Besurek (Batik Besurek), Kain Besurek adalah sebutan untuk Batik Bengkulu. Kain Besurek diperkenalkan pertama kalo oleh para pedagang Arab dan pekerja asal India pada abad ke-17 kepada masyarakat Bengkulu. Kain Besurek merupakan kain khas dengan perpaduan Kaligrafi Arab dan Bunga Raflesia sebagai simbol dari Provinsi Bengkulu.
Terjemahan dari kata "Besurek" adalah "Bersurat" atau "Bertulisan". Jadi Kain Besurek adalah kain yang dipenuhi dengan surat atau tulisan bercirikan tulisan kaligrafi Arab dan Bunga Raflesia.
Penggunaan Kain Besurek menurut orang-orang tetua dulu (Pemuka Adat dan Pemuka Masyarakat Bengkulu) sudah ada sejak lama dan terlihat selalu pada upacara-upacara adat di Kota Bengkulu. Penggunaan Kain Besurek pada mulanya hanya terbatas untuk Upacara-upacara Adat seperti untuk pengapit pengantin pria (Detar/Topi Khas Bengkulu), untuk calon pengantin putri (Mandi/Siraman, Bedabung/mengikir gigi, Malam Inai, Ziarah Kubur, Sampiran Bilik/Kamar Pengantin), tutup Jenazah serta Hiasan ayunan cukur bayi.
Karena kemajuan zaman dan peradaban untuk sekarang Kain Besurek pun tak terbatas penggunaannya pada upacara adat saja, melainkan digunakan untuk Pakaian Dinas, Pakaian Swasta, Pakaian Pesta, Busana Muslim, Dompet, Tas, Kopiah, Tempat Tisu, dan Gantungan Kunci dan lain-lain.
Bagi yang berminat untuk mengunjungi Provinsi Bengkulu dan ingin melihat-lihat Kain Besurek jangan lupa untuk mampir di Toko Batik Besurek " Berkat's" di Jl Putri Gading Cempaka Rt4/1 Kel Penurunan Kec Ratu Samban Kota Bengkulu. Cp 0822-7846-9992.
Kualitas kain besurek dijamin ori dan tangan pertama, Kita yang buat kita juga yang menjual, kita juga bisa pesan via shoppe.
Sudah dilihat 33 kali

Komentar