BELAJAR DAN MENGENANG ERUPSI MERAPI

36987 medium post 45059 8555eacc 4ba6 43a0 ad78 904ad28f5eeb 2018 10 24t18 51 35.865 07 00


Untuk menambah bekal pengetahuan bagi seluruh anggota FPRB (Forum Pengurangan Resiko Bencana) Desa Kebonharjo Kec. Samigaluh yang juga tergabung di DRU SAR DIY pada hari Sabtu tanggal 2 Mei 2018 melakukan kunjungan ke POS AJU SAR KALIURANG Yogyakarta yang terletak di Grogol Umbulharjo Sleman D.I.Y
Dalam kunjungan tersebut seluruh anggota FPRB Desa Kebonharjo belajar bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan jika sewaktu-waktu aktifitas Gunung Merapi meningkat.
Setelah kami belajar di POS AJU SAR KALIURANG D.I.Y tersebut, perjalanan di lanjutkan dengan napak tilas kediaman juru kunci Gunung Merapi Almarhum Mbah Maridjan di Desa Kinahrejo Kec. Cangkringan Kab. Sleman.
Tempat-tempat bekas peninggalan Mbah Maridjan sekaligus segala macam perabotan rumah tangga yang hangus terkena erupsi Gunung Mau yanh sekarang menjadi Museum kecil di atas rumah yang hanya menyisakan lantainya saja. Motor dan mobil yang dahulu digunakan untuk evakuasi tetapi telah terkena erupsi juga terpajang untuk memperlihatkan betapa besarnya erupsi Gunung Merapi pada waktu itu, dibagian lain terpampang beberapa tulisan kronologis sebelum dan sesudah terjadinya erupsi Gunung Merapi.
Selain rumah Mbah Maridjan sebagai tujuan utama, kita juga dapat menikmati indahnya pegunungan dan bebatuan yang terdapat di Kali Gendol tepat di samping rumah Mbah Maridjan. Tak hanya itu, kita bisa menyewa motor trael untuk menantang adrenalin menyusuri Kali Gendol tersebut. Tak ketinggalan, para wisatawan beramai-ramai untuk mengambil gambar dan berfoto di samping rumah peninggalan Mbah Maridjan.
Sudah dilihat 42 kali

Komentar