Begini Intergrasi BIJB Kertajati dengan Pelabuhan Patimban Subang

25926 medium patimban dan kertajati 711356
MAJALENGKA – Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) rencananya akan terintegrasi dengan Pelabuhan Internasional (PI) Patimban di Kabupaten Subang. Menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat memungkinkan karena jarak dari BIJB Kertajati ke Pelabuhan Patimban Subang sekitar 40 km.
"Kita juga berencana nantinya (BIJB Kertajati) akan terintergrasi dengan Pelabuhan (Internasional) Patimban di Subang. Kalau nggak salah dari sini (Bandara Kertajati) ke (Pelabuhan) Patimban sekitar 40-an kilo(meter)," ungkapnya dihadapan wartawan usai peresmian BIJB Kertajati di Majalengka, Kamis (24/5/2018).
Sehingga dengan terintergrasi, lanjut Jokowi akan memberikan kemudahan pelayanan dan akan menambah minat investor untuk masuk berinvestrasi di Indonesia. "(Tentunya) akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Majalengka dan Jawa barat," imbuhnya.
Hal ini diamini oleh Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan yang menyatakan untuk hal itu akan dilakukan dengan konsep aerocity yang lahannya telah disiapkan seluas 3000 hektar oleh Menteri Perhubungan. "Konsep ini akan menjadi hub nantinya akan ada jalan tol yang meng-cover sampai ke Bandung, Cirebon, Majalengka, Subang," ujar Luhut.
Kemudian berdasarkan informasi menyebutkan bahwa bandara tercanggih di Asia ini siap melayani penerbangan domestik mulai 8 juni mendatang untuk mendukung arus mudik tahun ini.
Peresmian BIJB Kertajati ditandai dengan mendaratnya Pesawat Kepresidenan yang ditumpangi Presiden Jokowi beserta rombongan yang kemudian disusul mendaratnya helikopter TNI AU yang membawa rombongan Menteri.
Menurut Direktur Airnav, Novi Riyanto pendaratan Pesawat Kepresidenan di runway 14 sepanjang 2.500 meter dengan dipandu satelit navigasi. (Satriya: Berbagai Sumber)

Komentar