Begini ini Cara Praktis melakukan EVAKUASI MANDIRI saat terjadi gempa yg berpotensi terjadi tsunami

67751 medium post 72046 857a4ce7 f470 4fea 9ba7 0f3874e80c88 2019 07 24t22 11 34.432 07 00
Cara praktis melakukan evakuasi mandiri.

Belakangan ini banyak kejadian gempa dengan potensi terjadi tsunami.

Bagi anda yang tinggal di daerah pantai, agar anda sekeluarga selamat dari tsunami pastikan mengetahui dan juga mengujicoba jalur evakuasi tersebut.

Berikut ini adalah cara praktis melakukan evakuasi mandiri.

1. Bawa barang atau dokumen yang paling penting saja seperti dompet, ijasah, surat tanah dll yg sdh dipersiapkan sebelumnya..

2. Lihat arah jalur evakuasi yang telah dibuat oleh lembaga seperti BPBD atau PMI atau masyarakat mandiri berdasarkan rembug warga. Kenali tanda dan jalur evakuasi.. Pastikan tanda dan rambu jalur evakuasi tersebut di ujicoba arah dan berapa lama menuju ke tempat yang lebih tinggi.

3. Bila anda tinggal di pantai dan merasakan gempa yg cukup kuat, pastikan anda sekeluarga dan seluruh tetangga dan masyarakat sekitar utk melakukan evakuasi mandiri. Anda hanya memiliki waktu sangat singkat antara 10 sd 20 menit.. segera ambil dokumen penting dan berjalan mengikuti rambu dan jalur evakuasi. Pastikan sampai berada di tempat ketinggian atau meeting point yg telah ditentukan berdasarkan kajian risiko tsunami.

4. Setelah sampai titik kumpul, tunggu instruksi dari BPBD atau PMI atau aparat pemda setempat. Sambil memantau informasi dari BMKG tetap siap siaga dengan segala kemungkinan sambil menenangkan warga lainnya..
Sudah dilihat 40 kali

Komentar