Beberapa Prosesi Resepsi Pernikahan Adat Jawa

33184 medium ngidak endhog
http://www.riaspengantin-jakarta.com/8-prosesi-yang-wajib-ada-pada-pernikahan-adat-jawa/

Beberapa Prosesi Resepsi Pernikahan Adat Jawa - Seperti yang kita ketahui, bahwa Pernikahan merupakan salah satu momen istimewa yang diharapkan hanya dilakukan satu kali seumur hidup. Prosesi Pernikahan merupakan peristiwa sakral yang harus dipersiapkan dengan matang dan tidak boleh main-main. Dalam Pernikahan terdapat banyak sekali adat yang harus dilakukan baik sebelum Upacara Pernikahan maupun saat berlangsungnya Upacara Pernikahan. Mengingat Negara Indonesia merupakan negara yang kaya akan suku dan budaya, Upacara Pernikahan pun memiliki berbagai macam tahapan yang berbeda-beda setiap sukunya.

Dalam Resepsi Pernikahan Adat Jawa, prosesi pernikahan sebelum acara berlangsung dilakukan dengan cukup rumit dan melalui banyak tahap. Dari mulai sebelum acara berlangsung, saat acara berlangsung, sampai sesudah cara berlangung memiliki prosesinya masing-masing yang juga kaya akan makna. Beberapa Prosesi Resepsi Pernikahan Adat Jawa yang cukup populer ditelinga masyarakat Indonesia walaupun bukan orang jawa :

1. Ngidak Endhog
Ngidak Endhog atau jika diartikan dalam bahasa indonesia berarti menginjak telur dimaknai sebagai harapan agar pengantin memiliki keturunan yang merupakan tanda cinta kasih berdua. Selain itu Prosesi Ngidak Endhog juga dilambangkan sebagai kesetiaan istri kepada suaminya. Pada Prosesi Ngidak Endhog ini mempelai pria akan meninjak satu butir telur yang sudah di persiapkan dan mempelai wanita akan membasuh kaki mempelai pria sebagai tanda kasih sayang.

2. Siraman
Prosesi Siraman menjadi salah satu prosesi yang paling populer dalam Pernikahan Adat Jawa. Prosesi Siraman beradal dari kata siram yang dalam bahasa jawa berarti mandi artinya prosesi ini dimaknai sebagai penyucian diri atau membersihkan diri sebelum upacara sakral. Terdapat 7 orang yang akan menyiramkan air kepada calon pengantin dalam Prosesi Siraman ini yang biasanya dilakukan oleh kedua orang tua dilanjutkan dengan kerabat dekat seperti kakek-nenek, pakde-bude, dan orang yang dituakan.

3. Midodareni
Selain Prosesi Siraman, Prosesi Midodareni juga salah satu yang populer. Midodorani menjadi simbol malam yang baik untuk bersilaturahmi. Dalam Prosesi ini calon pengantin wanita dirias dengan riasan yang sederhana dan diharuskan berdiam diri dikamar dengan ditemani oleh ibu atau kerabat dekat dari mempelai wanita. Saat Malam midodareni keluarga calon mempelai pria datang kerumah mempelai wanita tetapi keduanya tidak diperbolehkan bertemu. Malam midodareni merupakan tempat silaturahmi antara keluarga calon mempelai wanita dengan calon mempelai pria sebelum upacara pernikahan dimulai keesokan harinya.

2. Sungkeman
Sungkeman merupakan salah satu prosesi yang wajib ada dalam Pernikahan Adat Jawa. Sungkeman memiliki arti bahwa kita harus berbakti pada orang tua atau sesepuh. Prosesi Sungkeman salah satu prosesi yang ditunggu-tunggu oleh calon pengantin karena calon pengantin akan meminta maaf dan meminta izin agar mendapat restu dari orang tua atau sesepuh untuk menjalani kehidupan baru bersama pasangan. (Sumber www.riaspengantin-jakarta.com)

Klik Tautan berikut untuk Artikel selengkapnya.
http://www.riaspengantin-jakarta.com/8-prosesi-yang-wajib-ada-pada-pernikahan-adat-jawa/
Sudah dilihat 230 kali

Komentar