BEBERAPA HAL YANG TIDAK AKAN KAMU TEMUI SELAIN DI BULAN RAMADAN

61201 medium ramadan
Bagi umat islam, Bulan Ramadan adalah bulan yg penuh dengan keberkahan, bahkan duniapun mengakui bahwa Bulan Ramadan adalah puncak kejayaan dari agama islam itu sendiri, bagaiman tidak, hal ini jelas sekali dilihat berbagai aspek perubahan yang terjadi secara signifikan hanya di bulan Ramadan, diantaranya :
1. Salat Terawih
Dengan adanya salat terawih, maka sudah jelas sekali perbedaan ibadah umat islam di bulan Ramadan dan di bulan lainya, jika biasanya orang islam hanya menutup salat berjamahnya dengan slalat Isya, maka hal itu tidak berlaku di bulan Ramadan, karna di bulan ini umat islam salat berjamaah paling tidak setengah jam, bahkan ada yang salat terawih sampai berjam-jam lamanya, ada yang pakai ayat biasa sebagai ayatnya,, bahkan ada juga yang mehgharuskan 1 juz sebagai ayat dari salat terawihnya,
2. Tadarrus Al-Qur’an
Jika biasanya membaca Al-Qur’an dilakukan oleh orang orang yang saleh, atau para qorik dan hafiz, maka hal itu tidak berlaku dibulan Ramadan, karna di bulan Ramadan ini semua orang seakan seperti berlomba-lomba membaca Alquran, mereka tidak peduli bisa atau tidaknya membaca Al-Qur’an, fasih atau tidak bacaanya, mereka semua bercampur baur di tiap tiap masjid melantunkan ayat suci Al-Qur’an.
3. Takjil
Takjil adalah hal yang sangat lumrah di bulan Ramadan, sudah jadi budaya di tiap masjid masjid besar menyediakan takjil atau menu berbuka bagi setiap orang yang puasa.
4. Sahur
Sahur juga termasuk slah satu dari adat atau kebiasaan orang berpuasa, dimana kita diharuskan bangun tengah malam untuk makan dan minum sebagai bekal tenaga kita saat berpuasa. hal inilah yang memberikan kesan menarik dibulan Ramadan. dimana kebanyakan orang yang tidak bisa bangun tengah malam harus berusaha dengan berbagai cara agar dapat bangun walau hanya sekedar bangun untuk makan sahur
5. Bukber
Bukber atau buka bersama juga salah satu kelebihan bulan Ramadan disbanding bulan lainya, dimana kebanyakan keluarga yang terpisah selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun, berkumpul kembali pada bulan ini hanya untuk sekedar makan bersama ketika azan magrib dikumandangkan.
Itulah beberapa hal yang memberikan kesan tersendiri di bulan yang penuh berkah ini dibandingkan dengan bulan-bulan yang lainya. Semoga bermamfaat.
Sudah dilihat 65 kali

Komentar