Beasiswa MEXT dari Pemerintah Jepang di Buka! Daftar Segera!

59840 medium tr00100420170113102131314
MEXT atau Monbukagakusho adalah beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Jepang melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (MEXT). Beasiswa ini mencakup biaya studi, biaya hidup dan kabar baiknya adalah, pendaftarannya sudah dibuka lho!

Untuk lebih jelasnya simak penjelasan di bawah ini.

1. Program beasiswa Monbukagakusho (MEXT)
Kedutaan besar Jepang di Indonesia setiap tahun membuka pendaftaran dan penyeleksian bagi para peminat MEXT. Nah, pendaftaran MEXT untuk tahun keberangkatan 2020 telah dibuka pada 16 April 2019, meliputi empat program yaitu:

Program research student
Program undergraduate (Gakubu)
Program college of technology (Kosen)
Program specialized training college (Senshu)

Kamu bisa memilih program yang ingin di-apply. Masing-masing program memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda, oleh sebab itu pahami dengan baik ketentuannya.

2. Langkah awal yang perlu disiapkan.
Langkah pertama adalah membaca informasi mengenai program yang diinginkan. Baca dengan teliti, pahami isinya dan catat poin pentingnya seperti tanggal pendaftaran, persyaratan yang diminta serta dokumen yang harus dilengkapi. Lengkapi dokumen yang dibutuhkan, untuk memudahkan kamu bisa membuat catatan semacam to do list. Jangan sampai ada yang kelupaan ya!

3. Pahami formulir, isi dengan teliti
MEXT adalah beasiswa dari pemerintah Jepang, oleh karena itu formulirnya pun menggunakan bahasa Jepang, tapi jangan khawatir formulir dilengkapi juga dengan terjemahan dalam bahasa Inggris. Para pelamar diminta untuk mengisinya dalam bahasa Jepang atau Inggris.

4. Apakah harus bisa bahasa Jepang?
Jika lolos seleksi sampai tahap ujian bahasa, kamu akan diberikan dua soal yaitu, soal bahasa Inggris dan Jepang. Jika tidak tahu sama sekali tentang bahasa Jepang, kamu bisa kosongkan lembar jawabannya. Tim penyeleksi akan melihat skor tertinggi antara bahasa Inggris dan Jepang.

Di Jepang beberapa universitas juga membuka kelas dengan pengantar bahasa Inggris. Kamu bisa pilih yang cocok atau serumpun dengan jurusanmu. Tapi sebaiknya kamu juga paham bahasa Jepang meskipun sedikit, karena jika lolos seleksi, dalam kehidupan sehari-hari akan berinteraksi dengan orang Jepang. Nah, oleh karena itu MEXT akan memberikan pelatihan bahasa Jepang untuk para penerima beasiswanya. Seru kan!

5. Informasi lengkapnya, kunjungi situs Kedutaan besar Jepang di Indonesia ya!
Untuk kamu yang tertarik ingin mencoba mengirimkan aplikasi dapat membaca informasi lengkap mengenai beasiswa MEXT melalui situs Kedutaan besar Jepang di Indonesia. Di halaman tersebut kamu dapat mengunduh formulir, membaca persyaratan dan berbagai informasi lainnya, lengkap! Klik saja program yang diinginkan, research student, gakubu, kosen atau senshu. Selamat mencoba!

Semangat!

Sumber : https://www.idntimes.com/life/education/amp/dyah/pendaftaran-beasiswa-mext-dari-pemerintah-jepang-c1c2
Sudah dilihat 95 kali

Komentar

  • Unknown user new thumb

    infonya bermanfaat sekali. terima kasih.

  • 2222 new thumb m bild 1

    Terimakasih informasinya.
    Jangan sia-siakan kesempatan emas ini.
    Terutama bagi generasi muda, yang sedang menata diri guna meraih cita-cita dan kesuksesan di masa depan.