BATIK GENDHIS SEBAGAI PELOPOR BATIK KONTEMPORER DI GUNUNGKIDUL

22880 medium img 20180319 wa0040
Wonosari, AtmaGo.com
Ada pemandangan yang menarik menuju Studio Rumah Batik Gendis yang terletak di Dusun Kepek. Sepanjang jalan gang masuk menuju tempat ini,dinding pagar di mural dengan motif batik.
Rumah Batik Gendhis didirikan oleh Guntur Susilo (43th) yang merupakan salah satu seniman progresif Gunungkidul pada 23 November 2010.

Awal didirikan Rumah Batik Gendhis ini bertujuan untuk mengajak ibu- ibu dilingkungan rumahnya untuk belajar membatik.
Dalam perjalanannya Batik Gendhis berkembang dan mengajari kelompok-kelompok pembatik di beberapa dusun di Desa Kepek.
Antara lain Dusun Bansari,Kepek 1,dan Ledoksari.

Batik Gendhis merupakan 1 dari puluhan rumah produksi batik yng ada di Gunungkidul dengan kekhasannya memadukan warna warna cerah dan elegan.

Hingga di tahun 2018 ini desa-desa binaan Rumah Batik Gendhis telah sampai berbagai desa di kabupaten Gunungkidul antara lain Desa Bedoyo,Desa Gari,Desa Tepus, Desa Piyaman,Desa Hargosari,Desa Giripanggung dan Desa Girisubo.

Disamping aktif dalam pemberdayaan masyarakat dengan membatik, Rumah Batik Gendhis juga aktif memberikan pelatihan membatik ke sekolah-sekolah mulai dari tingkat SD-SMK.Gerakan ini sebagai bentuk upaya Rumah Batik Gendhis untuk tetap menjaga,mencintai dan melestarikan Batik sebagai Warisan Luhur Mahakarya Indonesia.

Di Studio Rumah Batik Gendhis juga banyak menerima tamu wisatawan mancanegara yang sengaja datang berkunjung untuk belajar membatik.

Batik Gendis merupakan kekayaan budaya batik yang ada di Gunungkidul, yang menambah khasanah kekayaan potensi budaya daerah.
Semoga dengan ciri khas batik ini mampu menjadi daya ungkit perekonomian desa juga sebagai destinasi wisata budaya yang ada di Gunungkidul.(*)
Sudah dilihat 391 kali

Komentar