Batik Bogor Tradisiku, Gallery Batik Khas Kota Hujan

21 May 2019, 19:53 WIB
4 0 80
Gambar untuk Batik Bogor Tradisiku, Gallery Batik Khas Kota Hujan
Oleh: Husnul Khatimah

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Jika berwisata ke Kota Bogor tak melulu harus memburu sajian kuliner khas kota hujan namun masih banyak pilihan lainnya seperti berburu batik khas Bogor yang juga dapat dijadikan pilihan bijak oleh-oleh untuk orang-orang terkasih.

Salah satu galeri batik yang menawarkan batik khas Kota Bogor adalah Batik Bogor Tradisiku yang berada di Jalan Jalak Nomor 02, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor. Gerai batik yang berada tak jauh dari Taman Air Mancur ini sudah eksis 11 tahun lamanya.

Pemilik Batik Bogor Tradisiku, Syamhudi Siswaya mengatakan keberadaan gerai batik miliknya ini salah satunya memang bertujuan untuk menyediakan batik khas Bogor bagi wisatawan atau siapapun yang memerlukannya.

"Bogor itu dekat dengan Jakarta dan banyak dikunjungi wisatawan, sehingga ketika orang datang ke Bogor bukan hanya ke Istana Bogor, Kebun Raya Bogor tapi salah satunya datang ke gallery batik tradisiku untuk melihat batik khas Bogor," ujar Siswaya.

Beragam motif batik ditawarkan oleh Batik Bogor Tradisiku yang semuanya merupakan ikon kota Bogor. Motif tersebut mulai dari hujan gerimis, tugu kujang, kijang, bunga bangkai, hingga motif taman sempur. Dari sekian banyak motif batik, hujan gerimis dan kombinasi kujan kijang paling dicari oleh pembeli.

"Batik saya yang unik itu ya Khas Kota Bogor, untuk menentukan motifnya itu saya dulunya kumpulkan seniman, budayawan, akademisi, Pemkot, tokoh masyarakat saya minta pendapat mereka apa motif yang harus ditonjolkan dan semuanya cenderung pada ikon-ikon di Kota Bogor," ungkap Siswaya.

Pria asal Yogyakarta ini mengatakan batik di tempatnya dibuat secara manual, alias buatan tangan. Dengan kualitas olahan tangan tersebut, bahan batiknya dihargai dengan besaran antara Rp100.000 hingga Rp6 juta.

Harga tersebut, katanya, bergantung juga pada pilihan bahan, tingkat kesulitan desain, serta jumlah warna.

"Kami dari kain putih hingga jadi batik dikerjakan disini kalau datang ke gallery akan paham semuanya bagaimana cara membatik. Untuk warna, kami menggunakan pewarna naptol dan indigosol yang berkualitas,"sebut Siswaya.

Dengan kualitas pewarna yang dimiliki, dia menjamin warna dalam produknya tidak akan luntur, dan bahkan mengimbau jika sampai terjadi kelunturan warna, maka pembeli dapat mengembalikannya guna ditukar dengan yang baru.

Mengenai penamaan gerai sendiri, Siwaya mengaku Batik Bogor Tradisiku dipilih karena diharapkan batik khas Bogor menjadi pakaian tradisi bagi siapapun.

"Batik Bogor Tradisiku itu doa supaya orang yang akan mengadakan hajatan ataupun acara-acara penting lainnya ataupun di kantor-kantor selalu menggunakan batik khas bogor," tukas Siswaya.

  Komentar untuk Batik Bogor Tradisiku, Gallery Batik Khas Kota Hujan

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!