BANYUWANGI SIAGA BENCANA

10 January 2020, 13:23 WIB
7 3 471
Gambar untuk BANYUWANGI SIAGA BENCANA
(10/01/2020) Apel Bersama Siaga Bencana Hidrometeorologi , digelar di Lapangan Blambangan Banyuwangi. Apel untuk menggelar Persiapan Pasukan dan Perlengkapan Kesiapsiagaan Bencana. Dihadiri oleh berbagai unsur, termasuk Stake holder, Instansi terkait penanggulangan bencana seperti PMI, BPBD, Basarnas, Dinas Kesehatan, Rapi Radio, Banyuwangi TV, TNI, POLRI, DLH, Dispendik, Pengairan, Pramuka , SatpolPP, Pemadam Kebakaran, dan unsur terkait lainnya. Apel dipimpin oleh Komandan dari Unsur TNI , dan Sebagai Inspektur Upacara adalah Wakil Bupati Yusup Widiyatmoko, beliau juga sebagai Ketua 1 PMI kabupaten Banyuwangi. Selain itu Tampak digelar dikiri kanan dan belakang barisan pasukan, yaitu perlengkapan dan Armada pendukung Banyuwangi Siaga bencana.

Dalam Sambutan Inspektur Upacara Yusup Widyatmoko beliau menyampaikan bahwa "Bencana adalah adanya ancaman, kerentanan dan kemampuan mengatasi keadaan dalam suatu kejadian. Banyuwangi memiliki potensi bencana ,ada Gunung berapi, gempa bumi, banjir, tsunami dan tanah longsor. Masyarakat Banyuwangi harus antisipasi pada kemungkinan yang akan terjadi. Dibutuhkan Sarana Prasarana, dan Kordinasi Stakeholder dalam Siaga Bencana. Masyarakat perlu diberikan pemahaman dan pelatihan untuk waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan terhadap bencana. Pemerintah menggunakan prinsip "One Command" yaitu satu komando, Sehingga korban bisa cepat di evakuasi. Selain itu agar mampu melaksanakan sistem 2T yaitu Tepat Sasaran dan Tepat Bantuan. Disampaikan pula oleh Wakil Bupati 3 hal Ini sebagai upaya Pengurangan Resiko Bencana yaitu pencegahan , mitigasi dan kesiapsiagaan. Menurut beliau " Bencana adalah musibah, kedukaan, penderitaan, dan kesengsaraan. Semoga ada hikmah yang di ambil yaitu agar manusia bersabar dan mendekat pada Sang pencipta," tungkas beliau menutup sambutannya. Kemudian acara ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Serma H. S.Parman anggota TNI koramil Kecamatan Giri Kabupaten Banyuwangi beliau selaku Babinsa Kelurahan Mojopanggung.

Setelah Inspektur Upacara meninggalkan lapangan upacara, dan dilanjut penutupan , kemudian beliau melanjutkan langkahnya untuk meninjau langsung menuju pada Perlengkapan dan Armada yang digelar di deretan stan sisi kanan, sisi kiri dan bagian belakang barisan pasukan. Terlihat banyak perlengkapan di stan PMI , ada Chainsaw, Tandu, pelampung, Tabung oksigen dan berbagai perlengkapan evakuasi dan penyelamatan korban dalam mendukung Siaga Bencana. Di barisan belakang armada berbaris rapi, seperti beberapa Ambulance, mobil Rescue, Kendaraan POLRI, Perahu karet, sederet Motor pasukan TNI, PMI, Kendaraan Damkar, Truk DLH, Kendaraan satpol PP dan kendaraan pendukung lainnya. Semua adalah sarana dan prasarana dalam mewujudkan Banyuwangi siaga bencana.

  3 Komentar untuk BANYUWANGI SIAGA BENCANA

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar

Related Posts

Terbaru

Berita Warga
17 menit

Yuk Bantu Temukan Pak Rebo

𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Terpopuler

  1. SELAMAT KEPADA BUPATI LOMBOK UTARA

    @ichaq_rasyid  di  Praya, Lombok Tengah  |  12 Feb 2020
  2. Atraksi Teaterikal Peserta Karnaval Putri Mandalika 2020

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  14 Feb 2020
  3. KABID ILMATE PERINDUSTRIAN PROVINSI NTB KUNJUNGI PENGRAJIN ALAT PERTANIAN DI DUSUN BEREMBENG

    Lalu Iskandar  di  Jonggat, Lombok Tengah  |  15 Feb 2020
  4. Jatuh Cinta Pada Menulis Hingga Menahodai Sebuah Komunitas

    Niya Kaniya  di  Kopang, Lombok Tengah  |  15 Feb 2020

Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar

    Bakesbangpoldagri: Banyak Wilayah di NTB Terpapar Narkoba

    Arianto  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  13 Feb 2020
  2. 4
    Komentar

    Jatuh Cinta Pada Menulis Hingga Menahodai Sebuah Komunitas

    Niya Kaniya  di  Kopang, Lombok Tengah  |  15 Feb 2020
  3. 4
    Komentar

    Kegiatan Aisyiyah Kec. Mergangsan meriah

    Rita Jatmikowati  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  14 Feb 2020
  4. 2
    Komentar

    Antara Nilai dan Nilai Nilai

    Muhammad Rizal Suryadin  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  11 Feb 2020