Bank Sampah Dhuawar Sejahtera Pedukuhan Kroco Pelopor Berdirinya Bank Sampah di Desa Sendangsari

25707 medium post 34953 442f8eb2 3883 44d7 b468 187fb26f455e 2018 05 20t10 38 17.362 07 00
Bank Sampah Dhuawar Sejahtera yang terletak di Pedukuhan Kroco Rt 21/Rw 12, Desa Sendangsari, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo hari ini melakukan kegiatan rutinnya yaitu pengumpulan sampah dari anggota ke Pengepul. Pengumpulan sampah di Bank Sampah Dhuawar Sejahtera dilakukan pada minggu ketiga setiap bulannya.
Pada tanggal 22 April 2018 kemarin Bank Sampah Dhuawar Sejahtera menerima Studi Banding dari Bank Sampah Resmi Secang dan PKK Pedukuhan Girinyono pada pukul 09.00. Dalam kunjungan kali ini BS Resmi Secang dan PKK Pedukuhan Girinyono melihat proses Pengumpulan Sampah yang dilakukan Oleh BS Dhuawar Sejahtera, yaitu dari anggota mengumpulkan sampah, memilih sampah berdasarkan kategorinya, kemudian penimbangan sampah, dan pencatatan hasil yang diperoleh.
Bank Sampah Dhuawar Sejahtera sendiri merupakan Bank Sampah Induk yang sampai saat ini menjadi tempat studi banding dari dusun dusun lain di Desa Sendangsari. Tak hanya pengumpulan sampah yang kemudian di setor ke pengepul saja kegiatan yang dilakukan oleh BS Dhuawar tetapi juga mendaur ulang sampah menjadi kerajian tangan dan tempat duduk dari botol bekas. Hasil dari kerjinan tersebut biasanya di ikutkan di bazar maupun di pameran.
Di Desa Sendangsari saat ini sudah ada beberapa Bank Sampah diantaranya BS Ngudi Makmur 1 & 2 Pedukuhan Mrunggi, BS Pedukuhan Serang, BS Melati Asri & Klegen Berseri, BS Harapan Sejahtera Paingan, BS Pedukuhan Blubuk, BS Resmi Secang, dan BS Pedukuhan Gegunung 1 dan Gegunung 2. Harapannya ke depan masyarakat dapat mengelola sampah yang berada di lingkungan sekitar rumah tangganya kemudian meraih manfaatnya, yaitu lingkungan bersih dan mendapat tabungan dari penjualan sampah.
Sudah dilihat 86 kali

Komentar