Banjir Rendam 3 Kecamatan di Brebes, 2 Warga Tewas

21499 medium 7bc0ffd8 0e60 4353 80c3 f89c8a15b816 169
Hujan deras selama satu malam sejak minggu sore hingga Senin pagi, menyebabkan sungai Pemali Brebes, Jawa Tengah, meluap. Dua titik tanggul Sungai Pemali jebol.

Akibatnya tiga kecamatan terendam. Selain itu dua warga tewas tenggelam akibat terseret banjir.

Tiga kecamatan di wilayah Kabupaten Brebes yang terendam banjir, masing masing wilayah Jatibarang, Wanasari dan Brebes. Ribuan rumah di tiga kecamatan ini terendam banjir.

Menurut warga, air mulai masuk pada Senin (12/2/2018) pukul 05.00 WIB. Luapan air sungai menggenangi daerah Desa Buaran dan Kedungtukang Jatibarang. Tidak lama, dua titik tanggul di Desa Terlangu Kecamatan Brebes, tidak kuat menahan derasnya air sungai. Tanggul ini jebol dan mengalir ke arah timur menggenangi rumah warga.

"Dari pagi air sudah masuk ke rumah. Ini malah tambah tinggi permukaan airnya karena ada yang jebol," kata Jaya, warga Desa Terlangu.

Warga yang rumahnya terendam terpaksa menempati tanggul sebagai pengungsian darurat. Karena belum tertangani, warga berharap pemerintah segera turun tangan termasuk memberikan bantuan logistik.

Secara terpisah PMI Cabang Brebes berjanji, bantuan akan segera didatangkan untuk menolong korban banjir. Sejumlah personel PMI saat ini masih fokus untuk menolong warga yang masih terjebak di rumah rumah.

"Saat ini persiapan untuk membuat lokasi pengungsian dan dapur umum," ujar Endang Yuniarti, Wakil Ketua PMI Cabang Brebes.

Menurut warga, lokasi pengungsian masih bersifat sementara sambil menunggu ada perahu karet untuk evakuasi warga.
Banjir Rendam 3 Kecamatan di Brebes, 2 Warga TewasFoto: Imam Suripto/detikcom

"Ada tanggul yang yang tidak kena banjir. Warga mengungsi disitu untuk sementara sampai ada tim evakuasi. Warga ini terkepung air dan tidak memiliki persediaan makanan," tambah Jaya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes melaporkan, ribuan rumah terndam di tiga kecamatan tersebut dengan ketinggian air mencapai 1 meter lebih.

Selain merendam rumah, jalur transportasi Brebes Jatibarang terputus akibat terendam banjir setinggi kira kira 70 cm. Polisi mengalihkan arus lalin bagi kendaraan roda dua dan mobil kecil yang akan menuju Jatibarang atau sebaliknya.

Sementara dilaporkan, dua warga masing masing Pendi warga Tengki tewas saat melakukan perbaikkan tanggul dan terperosok masuk ke dalam gorong-gorong. Jatibarang petugas juga menemukan sesosok mayat wanita berumur 12 tahun.
Subagyo, Plt Camat Brebes mengatakan, korban saat itu bermain di samping rumah. Korban kemudian tergelincir masuk selokan.

"Karena tidak bisa berenang, korban akhirnya meninggal," terangnya.

Sumber:detik.com
Sudah dilihat 139 kali

Komentar