Banjir di Kemang Timur karena Tanggul Kali Mampang Jebol

22 April 2016, 13:50 WIB
33 1 143
Gambar untuk Banjir di Kemang Timur karena Tanggul Kali Mampang Jebol
Ini adalah laporan dari warga di wilayah kejadian. Harap berhati-hati dan selalu waspada. Jika butuh bantuan, hubungi  112
Banjir yang melanda kawasan dan rumah penduduk di Kemang Timur, Kelurahan Bangka, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (21/4/2016) kemarin, terjadi akibat jebolnya tanggul Kali Mampang.

Salah seorang warga yang rumahnya terlanda banjir di daerah itu adalah Hasnaeni Moein atau "Wanita Emas" yang kini sedang berupaya untuk menjadi calon gubenur DKI Jakarta pada Pilkada DKI 2017. Rumah Hasnaeni terletak di Jalan Kemang Timur V, Kelurahan Bangka, Kecamatan Pancoran.

Pada Jumat ini, air Kali Mampang sudah surut dan tidak meluap lagi. Namun sisa lumpur dari bekas tanggul yang jebol itu masih membuat jalanan becek.

Tanggul yang jebol tersebut hanya berjarak sekitar 100 meter dari rumah Hasnaeni.
Mandor Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Bangka, Irsal, mengatakan, banjir yang terjadi akibat jebolnya tanggul itu menyebabkan air masuk ke lingkungan warga. Menurut Irsal, tanggul yang jebol merupakan tanggul lama.
"Yang jebol kurang lebih 20 meter," kata Irsal di lokasi, Jumat siang.

Banjir sudah mulai terjadi pada Kamis dini hari pukul 03.00. Namun, tanggul yang jebol dilaporkan terjadi pada pukul 10.00. Aliran air baru surut pada pukul 20.00.

Hari ini petugas PPSU telah membersihkan material bekas tanggul jebol yang mengotori jalan.

"Tadi delapan (petugas) PPSU yang bersihkan, kita pinggirkan (sisa tanggul). Nanti tanggulnya rencananya mau ditindak lanjuti (diperbaiki) pihak Tata Air," kata Irsal.

  1 Komentar untuk Banjir di Kemang Timur karena Tanggul Kali Mampang Jebol

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar