BANCAKAN

26846 medium photogrid 1529442467512
Semanu (19/6) Bancakan adalah satu kata dari kamus bahasa Jawa dalam bahasa Indonesia - Jawa-Indonesia

Berikut ini adalah terjemahan arti kata bancakan (bancakan) bahasa Jawa dalam bahasa Indonesia dalam kamus Jawa-Indonesia
Bancakan terdiri dari 8 karakter yang diawali dengan karakter b dan diakhiri dengan karakter n dengan 3 huruf vokal.

Bancakan atau selamatan biasanya untuk memperingati atau menyambut hari lahir atau neptu anak kecil, selamatan pengantin, sunat/khitan, ruwahan (megengan), ruwat dan lainnya.

Bancakan atau selamatan baik perorangan maupun kelompok terlihat sakralnya ketika ada hidangan tumpeng yang di keliling ubo rampe (kelengkapan /sayuran dan lauk pauk) disajikan di tengah dengan dikelilingi orang yang punya hajat, keluarga dan tamu undangan.

Hikmat terasa ketika sang pemimpin adat upacara bancakan/modin/Rois membawakan doa-doa sesuai agama, keinginan dari yang punya hajat dan diikuti hadirin. Harapan dan doa dipanjatkan semoga selamat, cepat sembuh, jadi anak sholeh,sukses,seperti yang dilakukan oleh keluarga kecil Bp Purnama ini ketika anak semata wayangnya di khitan (Semanu).

Bancakan Sederhana seperti ini sering kali dan masih banyak kita jumpai di Jawa khususya di Gunungkidul. Tumpeng yang selesai didoakan selanjutnya di makan ramai-ramai oleh hadirin yang ada.



Komentar