Balitbangtan Gelar Pasar Murah Sambut Ramadan

60183 medium img 20190429 184802
Oleh : Fira Nursyabani

TANAH SAREAL, AYOBOGOR.COM -- Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) menyambut datangnya Ramadan dengan melakukan berbagai kegiatan sosial mulai dari menggelar pasar murah hingga membagikan 3.000 paket sembako. Kegiatan ini dilakukan di Kampus Pertanian Cimanggu, Kota Bogor.

"Acaranya dua hari, 29 dan 30 April. Kegiatan tahunan ini bekerja sama dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Balitbangtan," kata Kepala Balitbangtan, Fadjri Djufri, Senin (29/4/2019).

Ia mengatakan, khusus pelaksanaan pasar murah ini terlaksana atas kerja sama Balitbangtan dengan Toko Tani Indonesia (TTI). Tujuannya untuk membantu masyarakat umum memperoleh bahan pokok dengan harga lebih murah dari harga pasaran. Beberapa produknya seperti daging, sayuran, dan lain-lain.

Selain itu, pasar murah ini juga melibatkan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Pelaku UMKM yang terlibat merupakan binaan dari Balitbangtan. "Supaya ekonomi kreatif berkembang juga. Ini dilaksanakan serentak di 17 provinsi, masing-masing produk unggulan di daerahnya didisplay di pasar murah," kata Fadjri.

Sedangkan 3.000 paket sembako yang dibagikan isinya terdiri dari beras lima kilogram (kg), gula pasir dua kg, dan minyak goreng dua liter. Sembako ini dibagikan kepada para tenaga kontrak di lingkup Balitbangtan.

Selain menggelar pasar murah dan membagikan sembako, Balitbangtan juga mengadakan kegiatan sosial berupa aneka lomba islami dan pameran tenat teknologi Balitbangtan.

Fadjri mengatakan, aneka lomba yang digelar untuk masyarakat umum maupun karyawan. Beberapa perlombaannya seperti lomba Pildacil atau pemilihan Da'i cilik, lomba tahfiz qur'an, dan lomba menyanyikan lagu Islami.

"Rasa kepedulian keluarga besar kementerian pertanian terhadap sesama. Intinya bagaimana berbagi terhadap sesama. harus dibudayakan," tutur Fadjri.
Sudah dilihat 42 kali

Komentar