Bahan-bahan Ampuh Pengusir Tikus

Data?1515555326

Mungkin sebagian dari kita rumahnya masih belum sepenuhnya bebas dari gangguan tikus. Sekali ada tikus di dalam rumah lama-lama jumlahnya akan semakin banyak. Selain baunya yang menganggu, tikus kerap kali memakan bahan-bahan makanan yang kita simpan. Belum lagi kalau mereka be3kejar-kejaran di plafon rumah, disamping berisik dan menganggu juga berpotensi membuat jebol plafon. Untuk itu, ada baiknya kita simak beberapa bahan yang aman dan mudah didapat, yang bisa digunakan mengusir tikus.

1. Bubuk lada

Bubuk lada ini ternyata memiliki banyak manfaat. Selain dapat digunakan untuk mengusir semut ternyata juga dapat digunakan untuk mengusir tikus lho. Hali ini karena lada mengandung senyawa yang disebut piperin yang membuatnya beraroma menyangat dan tidak disukai oleh tikus. Caranya: cukup taburkan bubuk lada di sudut-sudut rumah atau tempat yang biasa disinggahi tikus. Bisa juga ditaburkan di jalan yang sering dilalui tikus.

2. Daun salam

Ternyat tikus takut dengan daun salam karena aromanya. Selain itu jika secara tidak sengaja termakan oleh tikus maka tikus bisa mati. Caranya: letakkan daun salam di tempat-tempat yang sering disinggahi tikus maka tikus akan pergi dengan sendirinya.

3. Cengkeh

Aroma cengkeh sangat tidak disukai oleh tikus. Cengkeh yang digunakan adalah sengkeh bubuk karena aromanya lebih menyengat. Taburkan bubuk cengkeh di area yang disenangi tikus maka tikus akan pergi dengan sendirinya. Jika ingin lebih cepat maka gunakan minyak cengkeh. Caranya: tinggal beri minyak cengkeh pada kapas kemudian taruh kapas di area tikus bersembunyi.

4. Baking soda

Baking soda juga ampuh digunakan untuk mengusir tikus. Caranya: taburkan baking soda pada makan untuk memancing tikus. Jika baking soda termakan oleh tikus maka perutnya akan kembung karena baking soda menghasilkan udara. Sedangkan, tikus tidak bisa muntah atau bahkan bersendawa sehingga lama-kelamaan dia akan mati.

5. Daun mint

Gunakan daun mint untuk mengusir tikus karena ia tidak suka dengan aroma mint yang menyengat. Jika tikus menghirup aroma mint maka ia akan mabuk dan lemas tak berdaya. Caranya: hancurkan daun mint dengan blender kemudian taruh wadah dan semprotkan pada daerah yang rawan tikus.

Selain daun mint juga bisa menggunakan minyak peppermint. Caranya celupkan kapas ke dalam minyak pepermint kemudian letakkan di sudut-sudut rumah anda.

6. Kulit durian

Jika rumah banyak tikus, sehabis makan durian jangan buru-buru untuk membuangnya. Kulit durian ini juga dibenci tikus. Bukan karena durinya yang tajam tapi karena baunya yang menyengat.

7. Irisan bawang merah

Bawang merah juga tidak disukai tikus karena aromanya yang menyengat. Caranya: letakkan irisan bawang merah di daerah yang rawan tikus maka tikus akan pergi dengan sendirinya.

Selamat m3ncoba, semoga bermanfaat. Ayo share beragam tips menarik lainnya di AtmaGo, warga bantu warga. (Liputan6health, gambar majalah.id)


Komentar