Baca Buku di Angkot

20 February 2018, 2:29
3 0 43
Gambar untuk Baca Buku di Angkot
Perpus Angkot Siap Manjakan Penumpang

UNGARAN - Penghargaan untuk pegiat literasi mungkin layak disampaikan kepada Sudaryanto (42), warga Kota Salatiga, yang memilih tinggal di rumah kos di Ungaran. Menyusul sopir angkutan kota (angkot) jurusan Ungaran-Karangjati tersebut, melengkapi kendaraannya dengan sarana perpustakan mini.

“Saya hanya ingin penumpang betah menunggu jam keberangkatan angkot karena ada buku untuk dibaca,” ujarnya, ketika saat ditemui di pangkalan angkot di Jalan Gatot Subroto Ungaran, Senin (19/2).

Walaupun masih dalam hitungan puluhan eksemplar saja, tetapi koleksi buku perpustakaan angkot (perpuskot) milik Sudaryanto terhitung lumayan lengkap. Dari pantauan awak media kemarin, setidaknya ada sepuluh jenis isi buku yang tertata rapi pada rak buatan yang menempel di kaca belakang angkotnya. Bahkan di angkot sewaan ayah dua anak ini juga dilengkapi minuman air mineral gratis.

Sudaryanto mengaku, ide untuk menyediakan buku bacaan sserta minuman gratis itu datang dari dirinya sendiri. Fasilitas gratis air mineral dalam kemasan telah dijalankannya sejak tiga tahun lalu. Sementara kelengkapan buku bacaan, mulai dimasukkan ke mobil angkot sejak enam bulan lalu.

Dia tidak menghitung untung ruginya, karena yakin rejeki sudah ada yang mengatur. Meski harus menyisihkan sebagian pendapatannya setiap hari, ia tetap setia menyediakan air minum dalam kemasan. Bila penumpang ramai, satu kardus air mineral dalam kemasan bisa ludes dalam dua hari. Khusus akhir pekan atau hari libur, Sudaryanto menyediakan minuman aneka rasa dalam kemasan gelas plastik.

“Sebagian buku saya beli dengan cara mengangsur. Sekarang saya tengah menabung untuk menambah koleksi buku,” jelasnya.

Terlepas dari itu, keiklasan Sekretaris Kelompok Angkutan Kota “Wahana Kerta” ini dalam menyediakan buku bacaan terkadang harus diuji bila ada penumpang yang membawa pulang buku tanpa izin. Padahal di sisi rak buku tadi, sudah ditempeli tulisan “air minum gratis, tapi buku hanya dibaca di tempat”.

“Harapannya, beberapa fasilitas ini dapat merebut hati penumpang di tengah serbuan transportasi umum berbasisonline,” tandasnya.

suaramerdeka.com (Ranin Agung /SMNetwork /CN39 )

  Komentar untuk Baca Buku di Angkot

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!