Babinsa Kutogirang Koramil 0815/12 Ngoro Kawal Percepatan Tanam

59714 medium kutogirang %283%29
Mojokerto, - Untuk memaksimalkan percepatan tanam di wilayah binaan, Babinsa Koramil 0815/12 Ngoro Kodim 0815 Mojokerto Sertu Arsyad Wale Wara, melaksanakan pendampingan tanam padi, di Dusun Mendek, Desa Kutogirang, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (25/04/2019).

Penanaman jenis padi varietas Situ Bagendit di lahan seluas 4.000 meter atau 0,4 hektar, milik Jarot, Anggota Poktan Tani Mendek, dilakukan secara manual oleh petani dengan didampingi langsung Babinsa setempat.

Di sela-sela kegiatan, Sertu Arsyad Wale Wara mengungkapkan, pendampingan yang dilakukannya guna membantu petani di wilayah binaan dalam mewujudkan swasembada pangan. “Kehadirannya melalui pendampingan tanam padi ini diharapkan dapat memotivasi petani untuk memaksimalkan masa tanam kedua tahun 2019,” ungkap Babinsa.

Secara bersamaan, kegiatan serupa juga dilakukan Babinsa Koramil 0815/12 Ngoro Serda Pamuji, berupa pendampingan pengolahan lahan pertanian di Dusun Ngijingan, Desa Purwojati. Di areal pertanian seluas satu hektar ini, milik Kasti, Poktan Tani Ngijingan, pengolahan lahan berupa pembajakan sawah dengan menggunakan satu unit traktor tangan.

Di lain kesempatan, Danramil 0815/12 Ngoro Kapten Inf Khoiri menuturkan, aktivitas pendampingan yang dilakukan para Babinsa di wilayah binaan merupakan merupakan bagian dari upaya khusus (Upsus) ketahanan pangan di wilayah.

“Melalui pendampingan saat pengolahan lahan dan tanam padi ini diharapkan dapat mengoptimalkan percepatan tanam di wilayah sehingga perputaran ketersediaan pangan akan terus berlangsung,” tegasnya.

“Tidak hanya saat pengolahan lahan dan tanam padi, para Babinsa juga proaktif mendampingi petani, mulai pemilihan benih, masa perawatan, pemupukan hingga masa panen tiba. Kegiatan ini (pendampingan, -red) akan terus berulang seiring dengan siklus pangan,” pungkas Danramil.
Sudah dilihat 25 kali

Komentar