AUDIENSI DENGAN DIREKTUR RSUP-NTB

10 February 2019, 16:20 WIB
3 0 124
Gambar untuk AUDIENSI DENGAN DIREKTUR RSUP-NTB
Sabtu, 12 Januari 2019 Direktur RSUP NTB, dr. H. Lalu Hamzi Fikri, MM. memberi kesempatan kepada Komunitas Peduli Kanker NTB untuk audiensi di ruang kerjanya, dalam rangka menggali informasi, keluhan dan beberapa masalah terkait pelayanan di RSUP NTB dari sudut pandang pasien. Alhamdulillaah, kesempatan yang sangat berharga ini tidak mungkin disia-siakan. Pertemuan berlangsung akrab selama hampir 2 jam.

Delapan orang perwakilan dari KPdK NTB yakni Ibu Masithah, Hj. Muhibbatullah, ibu Yane, Hj. Susanti, Ibu Suriana, Ibu Hemawati, Sdri Hateriah dan Ibu Baiq Diah diterima oleh Bapak Direktur RSUP didampingi Ibu Kepala Bidang Pelayanan Dan Penunjang Medis (dr. Evi Kustini Somawijaya, MM), Ibu Kepala Seksi Pelayanan Dan Penunjang Medis (Dian Aulia Sari, SSi.Apt), Bapak Kasubbag Humas Dan Pelayanan serta Kepala Farmasi.

Acara diawali dengan memperkenalkan Komunitas, tujuan dibentuknya dan kegiatan yang telah dilakukan.

Bahasan pertama adalah tentang ketersediaan obat yang kadang mengalami kekosongan. Disini dr. Fikri menjelaskan bahwa selama ini di RSUP, pengadaan obat adalah hal yang diprioritaskan sebelum hal lain. Karena obat adalah nyawanya rumah sakit. Namun terkadang ada kendala baik yang bersifat internal maupun eksternal. Jika kendala internal, maka pihak management akan segera mengatasinya dengan maksimal. Namun jika kendala bersifat eksternal, maka perlu koordinasi dengan beberapa pihak yang tentunya memerlukan waktu. Kabar baiknya adalah untuk awal tahun ini Bagian Farmasi RSUP telah memesan obat untuk kebutuhan 3 bulan ke depan bagi pasien yang sudah terdaftar terapi rutin.

Hal kedua yang dibahas adalah tentang shelter bagi pasien dan keluarga kurang mampu yang berasal dari luar daerah dan tidak mempunyai famili di sekitar Mataram. Saat ini sudah ada beberapa ruangan di setiap lantai untuk menampung keluarga pasien. Dua buah gazebo masing-masing berukuran 8mx10m juga disediakan bagi penunggu pasien UGD. Yang terbaru adalah Rumah Singgah Gemilang yang saat ini masih dalam tahap penyelesaian fasilitasnya yaitu pengadaan dipan, kipas angin dan lainnya. Nantinya rumah singgah tersebut diperuntukkan pasien dan keluarga tanpa biaya, hanya diwajibkan menjaga kebersihannya. Syarat dan ketentuan penggunaannya akan ditentukan. Ijin tinggal akan diberikan setelah melalui seleksi.

Selain itu di RSUP juga ada fasilitas penginapan yang sangat murah namun bagus, setara dengan hotel bintang 3 yaitu gedung Graha Mandalika. Disini pihak RSUP tidak menargetkan pendapatan samasekali, hanya memungut biaya operasional saja sebesar Rp. 150.000 atau Rp. 200.000 per kamar per hari. Kamar cukup luas dengan 2 tempat tidur. Di lantai bawah juga tersedia 3 klinik eksekutif.

Bahasan dilanjutkan tentang fasilitas radioterapi di RSUP NTB. Saat ini instalasi radioterapi sudah mulai beroperasi. Sementara ini baru melayani pasien umum dikarenakan pengajuan kerjasama pihak RSUP ke pihak BPJS agar radioterapi ditanggung, belum terealisasi. Namun pihak direksi tetap berupaya maksimal dan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait. Diharapkan bulan Januari ini atau bulan depan bisa terealisasi.

Mengenai ruang rawat inap yang kadang harus ngantri, Direktur RSUP menjelaskan bahwa secara keseluruhan memang jumlah ruang rawat inap RS di NTB tidak sebanding dengan jumlah penduduk dan jumlah pasien.

Yang terakhir Kasubbag Humas Dan Pelayanan, Bapak Solikin, SKM, MPH mempersilahkan jika ada hal-hal yang perlu ditanyakan atau yang tidak dipahami, maka bisa menghubungi beliau atau bagian terkait untuk mendapatkan penjelasan. Usahakan tidak mengumbar permasalahan di media sosial, karena seringkali malah menimbulkan salah tafsir, permasalahan semakin rumit atau bahkan ditunggangi pihak yang tidak bertanggung jawab. Pihak management sangat terbuka untuk hal-hal yang memang harus diketahui pasien, keluarga ataupun masyarakat luas.

Semoga ke depannya pelayanan RSUP NTB semakin lengkap dan maju. Alhamdulillaah dan terimakasih sebesar-besarnya kepada Pemprov NTB, Management RSUP NTB, Dokter dan jajarannya. Keberadaan Poli Onkologi amat sangat bermanfaat bagi penderita.

Copas dari web kpdkntb.wordpress.com

  Komentar untuk AUDIENSI DENGAN DIREKTUR RSUP-NTB

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!