ATMAGO DUKUNG SIAGA BENCANA PMI BANYUWANGI

19 January 2020, 18:21 WIB
5 2 249
Gambar untuk ATMAGO DUKUNG SIAGA BENCANA PMI BANYUWANGI
Lokakarya Pemanfaatan Aplikasi Atmago di level masyarakat dan stakeholder Kabupaten Banyuwangi, di gelar PMI Kabupaten Banyuwangi pada 16 sampai 17 Januari 2020. Diselenggarakan di Markas PMI Kabupaten Banyuwangi, kegiatan ini cukup meramaikan ruang depan dimana PMI biasa melaksanakan kegiatan.

Tampak antusiasme peserta pada awal kegiatan yang dibuka oleh Wakil Ketua 1 PMI Kabupaten Banyuwangi DR. H. Nurhadi MM. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa " Banyuwangi ditunjuk sebagai Pilot Project Program Kesiapsiagaan Gempa Bumi , kerjasama PMI Banyuwangi dan Palang Merah Amerika. Kegiatan ini sebagai upaya antisipasi bencana untuk meminimalisir korban, bertujuan memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada peserta agar mampu membantu menyelamatkan orang lain. Selain itu agar peserta mampu melaporkan kondisi saat bencana. Menurut beliau PMI Banyuwangi yang hanya memiliki 11 Pengurus dan 5 Dewan Kehormatan akan mengedepankan relawan yang menjadi ujung tombak yang dipersiapkan dan dibekali kapasitas kemampuan tentang kebencanaan." jelasnya. Harapan beliau "Peserta sebagai penyambung lidah PMI mampu menulis secara obyektif dan sesuai etika jurnalis, sehingga peserta mampu menyebarkan berita yang layak bagi masyarakat terkait bencana yang meliputi kesiapsiagaan, mitigasi, dan tanggap bencana di masyarakat dengan memanfaatkan Atmago." imbuhnya.

Penyampaian materi secara interaktif, hingga tercipta diskusi antara peserta dan fasilitator. Dalam pembelajaran , fasilitator memperkenalkan Atmago yaitu sebuah aplikasi dari organisasi non profit, Atma Connect yang menitikberatkan pada warga bantu warga berbasis tecknologi. Menjelaskan secara intens tentang Atmago, menurut beliau "Konten Atmago sangat bermanfaat, mulai dari informasi dan solusi seputar kebencanaan, tentang kearifan lokal , sampai aduan dan lowongan pekerjaan. Dilengkapi dengan kelebihan sistem filterisasi, setiap berita Atmago akan di review terlebih dahulu oleh moderator sebelum ditayangkan" tegasnya. Peserta dibekali prinsip 5W 1H sekaligus ilmu teknik menulis dan tips efektif dalam proses jurnalis. Harapannya "Peserta sebagai pelaku kegiatan terus aktif menjadi kontributor berita di Atmago ini sebagai upaya menekan berita hoax." ujarnya menambahkan.

Keterangan Jay salah seorang peserta dari SMKN 1 Banyuwangi, dalam kesan pesannya menyampaikan "Sangat interest dan berterimakasih karena bisa merasakan manfaat dari lokakarya ini, mulai dari pengenalan , pemilihan kata sampai pematangan materi semua begitu bermanfaat untuk sebuah karya tulis dan berita yang bermanfaat untuk masyarakat. Harapannya Atmago bisa sampai pada pengaplutan video sehingga memperkaya manfaat bagi penggunanya." tandasnya.

# ayo download aplikasi atmago
# buka web nya di www.atmago.com

  2 Komentar untuk ATMAGO DUKUNG SIAGA BENCANA PMI BANYUWANGI

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar

Related Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Alhamdulillah Telah Hadir Radio Rodja 100.1 FM

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Cileungsi, Bogor Kota  |  20 Feb 2020
  2. Dari IMPOSIBLE Menjadi I 'M POSSIBLE

    Muhammad Rizal Suryadin  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  17 Feb 2020
  3. Sandang Peringkat 11 Wilayah Rawan Bencana, PMI Banyuwangi Susun Rapat Kerja Kemitraan

    Mbak Ning  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  18 Feb 2020
  4. Menyatukan Langkah, FKDM se-Kota Yogyakarta Melakukan Rakordasi Perdana 2020

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  21 Feb 2020

Komentar Terbanyak

  1. 7
    Komentar

    Dari IMPOSIBLE Menjadi I 'M POSSIBLE

    Muhammad Rizal Suryadin  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  17 Feb 2020
  2. 4
    Komentar

    Meski tanpa aplikasi,SARIPAH bisa menulis

    Arianto  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  20 Feb 2020
  3. 4
    Komentar

    20 - 02 - 2020

    Muhammad Rizal Suryadin  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  20 Feb 2020
  4. 3
    Komentar

    GempaBumi Magnitud 4,9 Guncang Lebak, Terasa Hingga Sukabumi

    Andrian Volunteer  di  Cikole, Sukabumi Kota  |  17 Feb 2020