Asuransi Nelayan di Kabupaten Malang Kurang Memikat

8094 medium nelayan premi perlindungan nelayan ben 1
Target Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang untuk memberikan asuransi kepada 2.000 nelayan nampaknya akan sulit tercapai hingga akhir tahun ini. Pasalnya saat ini baru sekitar 350 nelayan yang sudah melakukan pendaftaran asuransi ke Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Malang.

Dari jumlah yang mendaftar, baru 158 kartu asuransi yang tercetak. Artinya baru 158 orang pula yang dapat menikmati asuransi dalam program Bantuan Premi Asuransi Nelayan (BPAN) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI itu. ”Target kami hingga akhir tahun ini dua ribu nelayan, saat ini target itu belum terpenuhi. Tetapi dua bulan ini akan kami kebut pendataannya,” ujar Kepala DKP Kabupaten Malang M. Nasri Abd Wahid.

Rendahnya minat asuransi nelayan tersebut, menurut Nasri, karena masih banyak nelayan yang belum mengetahui program tersebut. ”Sebelumnya sosialisasi sudah disampaikan pada kelompok-kelompok nelayan, tetapi nanti kami akan jemput bola langsung untuk percepatan pendaftaran,” terang Nasri.

Saat ini, di Kabupaten Malang terdapat lebih dari 2 ribu nelayan yang memiliki identitas kartu nelayan. Meskipun menurutnya data tersebut masih terus berubah karena terus ada penambahan dan pengurangan di lapangan. (Radar Malang)
Sudah dilihat 157 kali

Komentar