ARGOWIJIL PASAR EKOLOGI YANG MENGANGKAT KULINER TRADISIONAL

23013 medium 20180323 162339
Wonosari, Pasar Argowijil terletak di Desa Gari Kecamatan Wonosari yang mencoba menawarkan konsep yang arif terhadap lingkungan alam yang ada di Gunungkidul.
Pasar ini merupakan bekas penambangan batu dari sepuluh yang ada di Kabupaten Gunungkidul.

Ada yang unik dari pasar ini yaitu pasar yang menawarkan jajanan tempo dulu yang sudah jarang ditemui dimasyarakat pada saat ini.

Dengan konsep melestarikan makanan tempo dulu maka jajanan tradisional ini ditawarkan ungkap Septian Nurmansyah selaku Ketua BumDes Desa Gari.

Kuliner tradisional yang ditawarkan dilapak pasar Argowijil adalah Legondo, cabuk, gudangan, Glinding doro, pecel, aneka pepesan dll.

Biasanya pasar ini akan ramai dikunjungi pada hari minggu, banyak masyarakat gunungkidul bahkan luar kota untuk mencoba menikmati kuliner tradisional.

Untuk meramaikan pasar Argowijil ini tiap hari minggu ada berbagai kegiatan senam massal atau kegiatan lainnya . Sehingga mendongkrak jumlah pengunjung yang datang di pasar ini.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menggali potensi desa diantaranya dengan menganggkat potensi desa yang berdampak pada peningkatan ekonomi penduduk. Salah satunya pasar Argowijil yang menganggkat isu ekologi dan jajanan tradisionalnya.(*)
Sudah dilihat 370 kali

Komentar

  • 4702 new thumb img 20180317 223717

    Terus majulah Gunungkidulku... Ditunggu selalu dan terus mbak Retno berita-beritanya... Siip..