APTB Berhenti beroperasi

7 March 2016, 13:46 WIB
61 1 233
Gambar untuk APTB Berhenti beroperasi
Ini adalah laporan dari warga di wilayah kejadian. Harap berhati-hati dan selalu waspada. Jika butuh bantuan, hubungi  112
Warga dari luar DKI Jakarta yang biasa menggunakan moda transportasi angkutan perbatasan terintegrasi bus transjakarta (APTB) mengeluhkan sulitnya mencari moda alternatif apabila APTB dilarang beroperasi di Jakarta.

Sejak APTB resmi berhenti beroperasi pada Senin (7/3/2016) pagi ini, puluhan penumpang APTB di Halte Cawang UKI tampak kebingungan.

"Bingung saya, biasa cuma sekali naik saja, sekarang harus ganti lagi pakai transjakarta," ujar Sari (52), penumpang APTB 07 Bekasi-Tanah Abang.

Ia pun terpaksa turun di Halte Cawang UKI kemudian menyambung transjakarta Koridor 9 arah Grogol.
Hal yang sama juga dialami Doni (45) yang biasa turun di Semanggi. "Baru hari ini hanya sampai UKI Cawang, masih bingung transit naik yang mana," katanya.

Meskipun sudah dilarang beroperasi, sebagian APTB masih melayani rute lintas kota seperti biasa, misalnya APTB Ciawi-Tanah Abang yang dikelola operator Sinar Jaya.

"Memang katanya mau dialihkan di bawah Transjakarta, tetapi belum tahu kapan. Hari ini dari kantor perintahnya masih jalan," kata Viktor, kondektur salah satu armada APTB Ciawi-Tanah Abang.

Terkait penghentian operasi APTB di Jakarta ini, belum semua penumpang mengetahuinya. Andi (36) misalnya.

"Saya belum tahu sama sekali. Enggak ada pengumuman tadi pagi dari kernet atau sopirnya," kata Andi yang biasa menumpang APTB Ciawi-Tanah Abang.

Andi pun berharap akan disediakan moda transportasi lain sebagai pengganti APTB. Sejak hari ini, penumpang dalam kota tidak akan dikenakan ongkos tambahan di dalam APTB.

Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI melarang bus-bus APTB beroperasi di Jakarta sejak akhir pekan lalu.

Bus hanya boleh beroperasi sampai halte terluar dari koridor busway seperti Halte Cawang UKI.
Keputusan ini merupakan bagian dari rencana pengambilalihan rute APTB melalui layanan bus transjabodetabek.

  1 Komentar untuk APTB Berhenti beroperasi

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar