Aplikasi SILO Akan Diterapkan di Setiap Kelurahan

55717 medium 26032019%283%29
Demi mempermudah pelayanan kepada masyarakat, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok berencana menerapkan aplikasi Sistem Layanan Online (SILO) di 63 kelurahan se-Kota Depok. Rencananya, aplikasi tersebut diterapkan di bulan April mendatang.

Kepala Diskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono mengatakan, pembuatan aplikasi SILO sebagai bentuk penerapan pelayanan pemerintahan berbasis elektronik (e-government). Dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan publik melalui pemanfaatan teknologi informasi (TI).

“Nantinya, aplikasi ini akan terintegrasi dengan berbagai pelayanan yang ada di kelurahan. Misalnya, untuk pembuatan Kartu Keluarga (KK), masyarakat tidak perlu ke kantor kelurahan. Tetapi, dapat mengunggah berkas melalui aplikasi ini, sehingga pelayanan dapat lebih cepat dan mudah,” ujarnya saat ditemui di Hotel Savero, Margonda, Selasa (26/03/2019).

Lebih lanjut, ucap Sidik, sebelum diterapkan aplikasi SILO, pihaknya akan memberikan pelatihan kepada para operator baik di kelurahan maupun kecamatan. Agar nantinya para operator semakin terampil dan mampu melayani masyarakat secara elektronik.

“Sejak kemarin kita sudah mulai memberikan pelatihan kepada total 100 peserta yang terdiri dari operator kelurahan dan kecamatan, terkait bagaimana mengoperasikan aplikasi ini. Rencananya, pelatihannya sampai hari ini,” ujarnya.

Dia menambahkan, penerapan aplikasi tersebut dilakukan secara bertahap di setiap kelurahan. Sebab, akan disesuaikan dengan kesiapan perangkat pendukung yang terdapat di masing-masing kelurahan.

“Mudah-mudahan dengan aplikasi ini, pelayanan di kelurahan semakin baik dan tingkat kepuasan masyarakat pun ikut meningkat,” ucapnya.

sumber: pemkotDepok
foto: diskominfoDepok
Sudah dilihat 26 kali

Komentar