Apel Akbar Hari Pramuka Ke-58

20 August 2019, 20:52 WIB
1 0 163
Gambar untuk Apel Akbar Hari Pramuka Ke-58
Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X memimpin langsung Apel Besar Hari Pramuka LVIII Tahun 2019 Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa, (20/8) pagi.

Upacara yang dilangsungkan di Alun-alun Wonosari, Kabupaten Gunungkidul tersebut dihadiri ratusan pramuka dari berbagai kwartir Se-DIY, dengan tema "Pramuka Bersama Seluruh Komponen Bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI".

Dalam sambutannya Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, mengucapkan selamat hari pramuka ke-58 tahun 2019, dan memuji jalannya upacara peringatan berjalan meriah dan tertib.

Sri Sultan Hamengkubuwono X juga meminta, Pramuka dengan jaringannya diharapkan waspada dan mampu mendeteksi unsur-unsur yang anti NKRI, dan bermaksud mengganti Pancasila dengan Dasar Negara dan Ideologi lain.

"Untuk itu, kita wajib memohon petunjuk-Nya, agar mereka itu di bangkitkan kesadarannya untuk kembali ke pangkuan ibu Pertiwi. Apel Besar Hari Pramuka hendaknya diawali dengan meresapi makna terdalam dari Dharmaning Pramuka yang terkandung dalam Kode Kehormatan Pramuka: “Dasa Dharma, Dwi Dharma dan Satya Dharma Pramuka”, katanya.

Pramuka tidak hanya dididik menjadi warga negara yang baik, tetapi juga menjadi manusia pembangun yang handal, seperti pidato Sri Sultan Hamengku Buwono IX saat menyampaikan pidatonya pada Kongres Kepanduan tingkat Dunia di Tokyo Tahun 1971 silam. Gagasan inilah yang kemudian dikembangkan oleh Gerakan Pramuka Indonesia, tandasnya.

Dalam upaya pembentukan karakter Pramuka berhati mulia dan bila perlu merelakan dirinya agar orang lain selamat. "Singkat kata, Pramuka benar-benar diharapkan hadir bak malaikat penolong, semoga peringatan ini menumbuhkan angkatan Pramuka yang Iebih bermutu dalam melestarikan gagasan Baden Powell, Bapak Pandu Dunia", pungkas Sultan.

Dilanjutkan penganugerahan tanda penghargaan melati dan darma bakti Tahun 2019 dan Penyematan tanda penghargaan oleh Gubernur DIY.

Tampak hadir pada acara tersebut, Wakil Bupati Gunungkidul, Dr. H.Imawan Wahyudi M.H., Sekda Gunungkidul, Ir.Drajat Ruswandono, M.T., Ketua Kuarda DIY, GKR. Mangkubumi, Kapolda diwakili Dir Binmas, Kombes Rudi Heru Susanto,S.H.,M.H., Danrem diwakilkan Kasiter Korem 072 Pamungkas Letkol Inf. Hari Santoso, Dan Lanal diwakilkan Danposal Sadeng Peltu Teguh Santoso, Kepala OPD, Forkopimda Gunungkidul dan Ketua Kwartir Cabang Se DIY. (berita Dilangsir dari Dinas Komunikasi Kab. Gunungkidul)

  Komentar untuk Apel Akbar Hari Pramuka Ke-58

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Pesan Bapak Kepala Dinas Pendidikan Lombok Tengah Untuk Sang Kepala Sekolah

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  26 May 2020
  2. Jaga Jarak Selama Pandemi Lebaran Tetap Bisa Silaturahmi

    Satriandesta Mahadyasastra  di  Pondok Melati, Bekasi Kota  |  24 May 2020
  3. Hargailah Para Pejuang Melawan Covid-19

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 May 2020

Komentar Terbanyak

  1. 6
    Komentar

    Pesan Bapak Kepala Dinas Pendidikan Lombok Tengah Untuk Sang Kepala Sekolah

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  26 May 2020
  2. 4
    Komentar

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H

    Lalu Iskandar  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 May 2020
  3. 3
    Komentar

    Hargailah Para Pejuang Melawan Covid-19

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 May 2020
  4. 3
    Komentar

    SENIMAN DELES KEMIREN, PENCIPTA TARI LUNDOYO

    Ayu Darwiyanti  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  25 May 2020