Apakah Perlengkapan Kotak Obat Anak Sudah Lengkap?

41366 medium p3k anak
Dear para orangtua AtmaGo,

Kami sudah berulang kali di bilangin bahwa - mencegah lebih baik daripada mengobati, maka memiliki kotak obat yang mencakup persediaan obat P3K sudah seharusnya dimiliki setiap orangtua.

Sebagai orangtua, harus siap sedia jika sewaktu-waktu anak sakit, bisa ditangani dengan pertolongan pertama sehingga tidak semakin parah. Namun obat-obat apa saja yang esensial dimiliki dalam kotak obat P3K? Sekian obat yang perlu ada di kotak obat anak dan bisa dicek stok di rumah:


1. Termometer
Benda ini sangat dibutuhkan untuk menegtahui suhu tubuh anak jika sedang demam. Pilih termometer yang tidak menggunakan merkuri untuk lebih amannya.

2. Obat demam
Acetaminophen atau Paracetamol adalah obat esensial yang biasa digunakan untuk mengobati rasa sakit ringan hingga sedang seperti demam, sakit kepala, flu dan lain sebagainya.

3. Plester luka
Anak sering mengalami luka tergores ataupun terjatuh. Plester luka adalah yang paling dibutuhkan jika anak mengalami luka ringan. Bisa juga menyimpan obat merah dan beberapa kasa untuk luka yang lebih besar.

4. Alkohol
Alkohol bisa membersihkan luka sehingga selalu pastikan ada botol kecil di dalam kotak obat. Alkohol juga baik untuk menjaga tangan higienis sebelum memegang obat.

5. Minyak kayu putih
Untuk menjaga anak tidak masuk angin atau mencegahnya kedinginan dan digigit nyamuk, minyak ini cukup multifungsi untuk dijadikan salah satu yang paling penting ada di kotak P3K.

6. Inhaler
Inhaler bukan hanya bisa digunakan untuk anak penderita asma tapi juga untuk mengatasi hidung tersumbat saat pilek.

7. Obat diare
Obat diare bisa bermacam-macam, seperti bubuk oralit/elektrolit dan obat diare biasa. Obat diare dibutuhkan karena anak sering mengalami masalah pencernaan.

Itu dia obat-obat penting yang sebaiknya dimiliki dalam kotak obat anak. Selalu siapkan P3K untuk si kecil ya.

Semoga bermanfaat!
Sudah dilihat 65 kali

Komentar