Apa Sih Bedanya SEA Games, Asian Games atau ASEAN Games? Mana Nama Yang Betul Ya?

29636 medium apa sih bedanya sea games  asian games atau asean games mana nama yang betul ya
Kompetisi olahraga tingkat Asia, Asian Games 2018, akan segera diselenggarakan di Jakarta dan Palembang pada tanggal 18 Agustus 2018! Namun, hingga sekarang masih banyak yang bingung membedakan SEA Games dengan Asian Games, malah ada yang menulisnya ASEAN Games.

Sebenarnya apa sih bedanya dan ada nggak ya yang namanya ASEAN Games? Mari kita ulik yuk!

Pertama-tama perlu diluruskan bahwa ada "kesalahkaprahan" yang menganggap ASEAN sama dengan Asian, sehingga banyak yang mengambil kesimpulan bahwa Asian dan ASEAN itu sama. Kedengarannya memang sama bila diucapkan lidah Indonesia, namun memiliki arti yang berbeda.

Asian (bahasa Inggris) artinya segala sesuatu hal yang berkaitan dengan Asia, sedangkan ASEAN merupakan singkatan bahasa Inggris dari "Association of SouthEast Asian Nation" yang artinya Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara, yang memiliki 10 negara anggota. Jadi jelas ya bedanya, yang satu artinya seluruh Asia, satunya lagi Asia Tenggara.

Kedua, tidak ada yang namanya "ASEAN Games". Ajang olahraga untuk tingkat Asia Tenggara tidak dinamakan ASEAN Games, melainkan "SEA Games" yang diselenggarakan 2 tahun sekali, 2017 di Malaysia dan 2019 mendatang di Filipina. Kata "SEA" sendiri dari SEA Games merupakan singkatan dari "SouthEast Asian" yang artinya Asia Tenggara, dan SEA Games=Pesta Olahraga Asia Tenggara hanya diikuti oleh negara-negara di Asia Tenggara saja (diikuti 11 negara di Asia Tenggara, yakni: 10 negara anggota ASEAN plus Timor Leste).

Sedangkan Asian Games yang diselenggarakan setiap 4 tahun sekali, merupakan pesta olahraga (seluruh) Asia dan diikuti oleh 45 negara di seluruh Asia.

Semoga Asian Games 2018 berlangsung lancar dan tanpa kendala! Dan semoga atlet-atlet Indonesia bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia di ajang olahraga terbesar di Asia ini!

Sudah dilihat 4210 kali

Komentar