Apa Itu Keputihan dan Macam-Macam Jenisnya

27798 medium post 36988 4dff01c9 e042 4327 a98b 0a2641d958d4 2018 07 08t12 04 26.681 07 00
Halo Assalamualaikum, selamat siang Atmagirls! Di hari minggu yang cukup cerah ini, saya akan berbagi informasi seputar kesehatan organ intim kita nih. Kalian semua pasti pernah mengalami keputihan kan? Tapi, kalian tau gak apa itu keputihan dan mana keputihan yang normal dan mana yang harus kita waspadai sebagai gejala suatu penyakit? Wah wah, belum tau ya? Oke kalau gitu, cuss simak penjelasan dibawah ini ya, Atmagirls!


Keputihan merupakan hal yang biasa ditemukan pada wanita. Keputihan atau yang dikenal dengan leukorea atau fluor albus dalam bahasa medis merupakan hal normal yang dialami oleh setiap wanita. Namun, keputihan juga bisa menjadi sebuah tanda ada yang tidak normal. Keputihan tidak hanya satu jenis, tetapi terdiri dari macam-macam keputihan.

Dalam dunia medis keputihan dikenal terdapat dua jenis, yaitu keputihan yang normal (fisiologis) dan juga keputihan yang abnormal (patologis).  Keputihan bisa diobati sesuai dengan keputihan apa yang diderita oleh si wanita.  

Fluor albus sebenarnya adalah cairan yang seperti lendir yang keluar dari dalam vagina wanita. Cairan yang keluar tersebut bersifat normal dan tidak menganggu unsur kewanitaan jika memang masih dalam warna putih yang menandakan kondisi yang wajar.

Keputihan normal memiliki beberapa ciri khusus, yaitu memiliki warna putih atau bening, memiliki kadar kepekatan encer, tidak memiliki bau dan tidak menyebabkan rasa gatal atau bahkan sensasi perih saat buang air kecil.

Sebenarnya keputihan sering terjadi akibat beberapa faktor seperti, alergi dari makanan maupun pakaian. Terkadang keputihan pun terjadi diakibatkan dari kelelahan yang diderita oleh seorang wanita. Keputihan juga bisa terjadi pada fase haid yakni saat pra menstruasi dan juga terkadang muncul dari seorang wanita yang sedang mengandung. 


Fungsi Cairan Keputihan:

a. Cairan Keputihan Sebagai Pelumas

 

Cairan yang keluar dan tidak berbau ini sebenarnya menjadi sebagai pelumas bagi wanita ketika ia sedang menjalani hubungan intim.

 

b. Cairan Sebagai Pelindung dari Bakteri

 

Cairan yang keluar dari Miss V sebenarnya berfungsi sebagai pelindung dari masuknya bakteri ke miss V. Wanita normal akan mengalami keputihan dengan jumlah sekitar 2-5 mililiter atau setara dengan 1,5 sendok teh.

 

Tetapi terkadang seorang wanita akan panik ketika ia mengalami keputihan dengan lendir berwarna tidak biasa. Jika warna lendir putih dan akan terlihat berwarna kuning saat terkena celana dalam itu adalah hal yang wajar.  Atmagirls gak perlu panik, tapi kalau warna tersebut sudah berubah maka sudah saatnya kalian melakukan pemeriksaan.

Macam-Macam Keputihan Sesuai dengan Warna Lendir

Warna Kuning

Jika Atmagirls mendapatkan keputihan dengan warna kuning yang cukup terang keluar dari miss V, maka kalian harus berhati-hati. Warna kuning yang muncul dari lendir tersebut sudah terinfeksi bakteri dan kuman. Bakteri tersebut biasanya datang saat kalian melakukan hubungan seksual. Bakteri juga hadir karena kondisi yang cukup lembab dibagian miss V yang disebabkan oleh keringat.

Untuk menghindari timbulnya lendir berwarna kuning maka anda harus mengurangi pengunaan celana yang ketat, mandi setelah melakukan olahraga, dan memakai baju renang basah dalam waktu yang cukup lama. Jika hal ini sudah berlangsung cukup lama, datanglah ke dokter dan periksakan kondisi anda, karena hal ini bisa jadi merupakan gejala dari penyakit radang panggul atau PID.

Warna Cokelat

Lendir yang berwarna cokelat dari miss V biasanya terjadi saat masa haid. Lendir berwarna putih bercampur dengan darah sehingga berubah warna menjadi kecokelatan. Ini juga harus Atmagirls waspadai, karena bisa menjadi pemicu timbulnya kanker serviks.

Warna Hijau

Warna hijau yang keluar dari lendir biasanya disebabkan oleh bakteri trichomonas vaginalis yakni bakteri yang membuat warna lendir berubah menjadi kehijauan. Jika sudah warna hijau dan timbul dalam jumlah yang cukup banyak, serta menimbulkan aroma yang tidak sedap, maka wajib untuk memeriksakannya kepada dokter.


Apa lagi jika lendir kehijauan yang keluar di organ reproduksimu itu membuat miss V terasa panas dan membuat Atmagirls tidak nyaman. Maka sudah seharusnya kalian berkonsultasi untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Warna Abu-Abu

Keputihan jenis ini sudah dapat dikatakan cukup berbahaya, terlebih jika keputihan jenis ini muncul dengan rasa gatal dan terdapat semacam pembengkakan pada sekitar miss V. Hal ini bisa dikatakan keputihan mu muncul bersama bakteri  penyebab kanker, apa lagi jika lendir bersifat encer dan keluar bersama dengan darah. Untuk itu anda harus segera memeriksakannya ke dokter spesialis untuk mendapatkan penanganan medis dan menghindari keputihan yang lebih parah.


Apapun warna keputihan yang kamu alami nih Atmagirls, jika itu terlihat tidak wajar yang ditandai dengan bau atau rasa sakit, kamu bisa langsung menghubungi dokter kelamin untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Jangan ragu dan jangan malu mengatakannya. Karena jika tidak, bisa saja keputihanmu itu menjadi bakal penyakit serius di kemudian hari. 



Referensi :

https://m.bintang.com/sex-health/read/2357235/kenali-6-warna-keputihan-yang-berhubungan-dengan-kesehatanmu

http://klinikjakartapusat.net/ginekologi/22-macam-macam-keputihan.html

http://klinikjakartapusat.net/ginekologi/22-macam-macam-keputihan.html
Sudah dilihat 42 kali

Komentar