Antara Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Kesuksesan

18 February 2016, 23:15
43 2 94
Sahabat saya yang phd di bidang value engineering dari Barclay pernah mengatakan kepada saya bahwa ada empat hal yang menghambat jalan orang meraih sukses dan membuat dia tidak bisa bergerak di jalan perubahan zaman karena ilmu pengetahuan. Apa empat hambatan itu

Pertama, Emotional block.

Adalah satu sikap yang menganggap sesuatu yang belum jelas dan diperkirakan akan mengganggu kenyaman yang sudah ada ( status quo) akan disikapi secara ego untuk ditolak. Jadi wajar saja bila ada perubahan anggaran dari susbidi konsumsi ke produksi di sikapi secara emosional. Dari proyek menelan APBN menjadi kemitraan B2B di sikapi dengan emosional. Dan lain sebagainya.

Kedua Perceptual block.

Adalah satu sikap bahwa persepsi orang lain salah dan hanya persepsinya sendiri yang benar. Akibat sikap ini membuat orang hidup otoriter terhadap kebenaran subjective. Kalau diskusi dia hanya mau didengar, tidak peduli apa yang orang katakan.Dia nyinyir dan berusaha bergantung kepada siapapun asalkan mendukung persepsinya.

Ketiga Habitual Block .

adalah suatu sikap yang lebih nyaman dengan kebiasaan yang ada dan menolak sesuatu yang bertentangan dengan kebiasaan. Kalau kerja santai dapat uang banyak lewat korupsi mengapa harus kerja keras. Jadi pegawai hidup teratur walau penghasilan kecil, ngapain jadi pengusaha yang penuh resiko dan serba engga pasti. Enggga ada lowongan, salahkan pemerintah.Tapi kalau ada orang sukses karena kerja keras, gemar mengambil resiko, dia curiga dan buruk sangka. Iri dan dengki.

Keempat Culture Block.

Adalah sikap budaya yang turun temurun sebagai tradisi yang diyakini. Misal , banyak doa miskin effort.Sikap ini akan membuat orang menutup diri dari segala pengaruh dari luar. Cenderung protective dan curiga, paranoid . Padahal tidak semua budaya luar itu salah dan tentu tidak semua budaya luar itu benar. Sikap ini tidak pernah bisa menilai salah atau benar kecuali dirinya sendiri.

Pahamkan sayang..

-Status FesbukErizeli Jely Bandaro-

  2 Komentar untuk Antara Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Kesuksesan

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar