Antara Nilai dan Nilai Nilai

11 February 2020, 19:40 WIB
7 2 196
Gambar untuk Antara Nilai dan Nilai Nilai
Barabali, 11 Februari 2020

Semua orang di dunia tahu bahwa menyontek, Menjiplak dan membawa kertas berisi jawaban kedalam ruang ujian adalah perbuatan yang tidak baik dan tidak benar, namun anehnya banyak yang melakukan hal itu.

Terkadang beberapa kalangan bahkan pemangku kebijakan seolah olah memberikan lampu hijau dan terkesan menutup mata terhadap kejadian tersebut. Menurut Wiliam Kilpatrick, salah satu penyebabnya adalah kurangnya aplikasi dan penerapan tentang mana hal baik dan buruk pada tatanan terendah ( Moral Action ).

Hal yang lebih detail juga disampaikan oleh seorang pakar pendidikan dari Amerika Serikat yang bernama Thomas Lickona, Ph.D. Dia mengklasifikasikan Moral dalam 3 tahapan yaitu Moral Knowing, Moral Feeling dan Moral Action.

Moral Knowing adalah Pengetahuan dan kesadaran akan nilai nilai sesuatu yang pada akhirnya dapat menentukan pengetahuan diri tentang mana hal yang baik dan hal buruk.
Moral Feeling adalah sumber energi dalam diri manusia itu sendiri untuk bertindak dan berlaku sesuai dengan nilai nilai dan kultur yang berkembang dilingkungan nya.
Moral Action adalah tindakan yang ditunjukkan dalam kehidupan sehari hari sebagai wujud dari nilai nilai luhur yang telah ada didalam suatu lingkungan masyarakat.

Maka pada dasarnya pendidikan karakter yang sedang marak digalakkan adalah salah satu cara untuk membiasakan peserta didik untuk berbuat baik sehingga mereka akan terbiasa secara alami untuk melakukannya bahkan akan merasa bersalah apabila hal yang tidak benar mereka lakukan. seperti contoh sederhana yaitu seseorang yang terbiasa mandi 2 kali sehari akan merasa sangat tidak nyaman apabila mandi hanya sekali sehari saja.

Dengan demikian kita hanya perlu bertanya pada diri kita sendiri apakah kita hanya akan mendidik anak agar dapat meraih Nilai ( score ) semata ataukah kita akan mendidik anak anak kita agar mampu menerapkan Nilai Nilai ( Values ) dalam kehidupan mereka kelak.?

"Apabila seseorang terbiasa mendengar kata kata kotor, meelihat hal hal buruk, berpikir buruk dan bertindak buruk, maka secara otomatis dia sudah mensugestikan dirinya untuk menjadi seorang Penjahat dan secara tidak sadar Dia telah membentuk lingkungan kriminal untuk dirinya sendiri, namun apabila seorang manusia memulai untuk berfikir baik dan melakukan tindakan baik walaupun itu sangat sederhana maka sesungguhnya seorang manusia berkarakter mulia telah terbentuk". ( Swami Vivekanada).

Maka pilihan terahir adalah keputusan kita sendiri untuk menentukannya.

Rato Rizal.

  2 Komentar untuk Antara Nilai dan Nilai Nilai

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. BAHU MEMBAHU, PUSKESMAS BONJERUK DAN PEMDES LAWAN COVID-19

    Lalu Iskandar  di  Jonggat, Lombok Tengah  |  1 Apr 2020
  2. KARANG TARUNA BUNI BAKTI MENGGANDENG FORUM REMAJA UNTUK PENCEGAHAN COVID-19

    Ariefbocahwates  di  Babelan, Bekasi Kabupaten  |  28 Mar 2020
  3. RELAWAN APIK LAKUKAN PENGGALANGAN DANA DONASI COIN CORONA

    Abdul Hakim Sanii  di  Tarumajaya, Bekasi Kabupaten  |  27 Mar 2020
  4. Suara Siswa SMA, UN di tiadakan (?) #WargaLawanCorona

    Ranty Meyliana  di  Tolitoli  |  30 Mar 2020

Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar

    Merindukan Bale Bangket Buger (MB3)

    Niya Kaniya  di  Kopang, Lombok Tengah  |  27 Mar 2020
  2. 4
    Komentar

    Suara Siswa SMA, UN di tiadakan (?) #WargaLawanCorona

    Ranty Meyliana  di  Tolitoli  |  30 Mar 2020
  3. 4
    Komentar

    BERBAGI ITU INDAH SELALU ADA HIKMAH DI BALIK MUSIBAH

    Moezza  di  Sukawangi, Bekasi Kabupaten  |  31 Mar 2020
  4. 4
    Komentar

    Belanja Dari Rumah, Ini Nomor Kontak Berbagai Pedagang Pasar Di DKI Jakarta

    Alfan Kasdar Kasdar  di  Jakarta Pusat  |  30 Mar 2020