Anda pelamar Kerja, ketahuilah beberapa informasi ini

44500 medium img 20181231 092812 02
Menengok informasi yang diberikan kompas.com tentang jumlah pengangguran di Bekasi, Berdasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik) yang diterima Tri, sebanyak 9,32 persen dari total 2,7 juta penduduk Kota Bekasi atau sama dengan sekitar 251 ribu orang merupakan penganggur. Kebayang bagaimana ramainya para pencari kerja jika mengetahui ada beberapa perusahaan membuka lowongan kerja, padahal jumlah itu belum termasuk para pencari kerja dari luar Kota Bekasi?. Ironis memang, namun mau bagaimana lagi, persaingan akan semakin ketat sebab tiap tahunnya sekolah ikut menyumbang para pencari kerja baru. Melihat banyaknya jumlah pencari kerja di Bekasi, sepatutnya para pencari kerja mengetahui hal-hal berikut, agar kesempatan diterima di perusahaan semakin besar, serta referensi dalam melamar pekerjaan;

1. Pastikan lowongan kerja bukan abal-abal
Banyaknya pencari kerja memancing beberapa orang untuk memperoleh keuntungan tersendiri, yakni lewat penipuan atas kepalsuan lowongan kerja. Bukan hal baru jika membicarakan hal ini, namun untuk mengingatkan kembali, saya ajak para pembaca mengetahui bagaimana cara mengetahui mana lowongan kerja palsu, atau banyak yang menyebutnya abal-abal;

A. No telp pribadi dan email pribadi
Perlu diketahui, perusahaan bonafit yang ada di kawasan industri ataupun di luar kawasan tersebut, tidak akan menghubungi pelamar dengan No tlp pribadi, baik melalui telpon maupun pesan singkat, perusahaan-perusahaan itu akan menghubungi pelamar melalui telpon kantor, atau bisa dengan Email perusa. Email pribadi di belakangnya selalu menyertakan Gmail.com ataupun yahoo.com atau bisa menggunakan Gmail.co.id dan yahoo.co.id. perusahaan tkdak akan menggunakan Gmail ataupun Yahoo sebagain email kantor, namun langsung gunakan kata .com di akhir email, contoh misalkan dari PT Angin. angin.com. jika email tersebut menggunakan nama semisal sarkonah@angin-eai.co.id pastikan si pengirim menunjukan lokasi sebenarnya perusahaan untuk seleksi penerimaan tenaga kerja baru, jika alamat yang dituju malah ke ruko atau bangunan yang bukan alamat sebenarnya perusahaan, pelamar wajib mencurigainya.

B. Lokasi Seleksi
Ketahui lebih lanjut lewat mana pelamar melamar pekerjaan, ada 2 pilihan yang sudah umum dilakukan pelamar, yakni lewat Bursa Kerja Khusus (BKK) dan langsung ke perusahaan. Keyahuilah beberala perusahaan sudah jarang membuka lowongan kerja langsung di perusahaan, melainkan menyerahka. Kepada BKK untuk pemenuhan tenaga kerjanya. Letak BKK Umumnya ada di Sekolah Menengah Kejuruan. Selain di Sekolah pelamar patut mencurigainya. Ada baiknya pula mengetahui BKK yang sudah jelas salurkan pelamar ke perusahaan jika lolos seleksi di BKK tersebut, salah satunya ada di BKK SMK Binakarya Mandiri Kota Bekasi yang letaknya di Jl Jatimulya Bekasi (samping SPBU jatimulya).

2. Buat CV menarik
CV atau bisa pula kita sebut Daftar Riwayat Hidup rupa-rupanya perlahan sudah desainnya sudah mulai berubah, umumnya diketahui Didalam CV hanya tersedia kalimat yang menyertakan data pribadi, pendidikan, pengalaman kerja dan bisa pula diselipkan prestasi serta keahlian, seiring kretifitas pelamar untuk mendapat poin lebih, dibuatlah CV dengan desain yang menarik, yakni tidak hanya kalimat, ada pula warna bermain pada CV tersebut, begitu pula tata letak yang ikut berubah, CV ini tidak disarankan untuk melamar CPNS, namun bisa jadi referensi untuk melamar di berbagai perusahaan Via Email ataupun POS.
Untuk mengetahui CV yang menarik, bisa membuka link ini:
https://www.google.com/amp/s/www.idntimes.com/life/career/amp/fajar-laksmita-dewi/20-referensi-cv-paling-kreatif-1

3. Cari info lowongan kerja
Mendapat info lowongan kerja tentu tidak semudah yang dibayangkan, jika pelamar hanya mengacu pada media sosial, pesan singkat atau informasi dari mulut ke mulut. Kebanyakan perusahaan sudah mempercayakan informasi tentang kebutuhan tenaga kerja lewat beberapa media informasi Online yang bertugas menyebarkan kebutuhan tenaga kerjanya, salah satunya Atmago (www.atmago.com) atau bisa download aplikasinya di play store. Dalam menerima lowongan leWat Media Informasi Online, pelamar juga wajib mengetahui kebenaran dari informaai tersebut, sebab tidak menutup kemungkinan oknum yang tidak bertanggung jawab ikut menulis informasi lowongan kerja palsu.
Perlu diketahui, tidak ada perusahaan yang meminta anda untuk membayar sekian rupiah guna memperoleh pekerjaan, Jika ada anda patut mencurigainya.

Sumber:
kompas.com
Idntimes.com

Sekian informasinya, semoga bermanfaat.
semangaaat..
Sudah dilihat 85 kali

Komentar