Ancaman Diabetes di Dunia Dalam Angka

21 November 2019, 23:57 WIB
1 0 40
Gambar untuk Ancaman Diabetes di Dunia Dalam Angka
Diabetes tidak hanya menyerang orang dewasa, namun juga menyerang anak-anak karena penyakit ini merupakan penyakit yang dapat menurun kepada anak-anak penderita. Setiap 14 November dunia memperingati hari diabetes internasional untuk menumbuhkan kesadaran terhadap diabetes yang jadi ancaman bagi banyak orang di masa depan.

Situasi Diabetes di Dunia

Data WHO menunjukkan bahwa angka kejadian penyakit tidak menular pada tahun 2004 yang mencapai 48,30% sedikit lebih besar dari angka kejadian penyakit menular, yaitu sebesar 47,50%. Bahkan penyakit tidak menular menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia (63,50%).

Jumlah penderita diabetes memang terus meningkat setiap tahunnya di dunia. IDF memproyeksi ada peningkatan jumlah penderita diabetes di dunia dari 415 juta orang pada 2015 menjadi 642 juta orang pada 2040 di dunia.

Bahkan, pada tahun 2015 persentase orang dewasa dengan diabetes adalah 8,5% atau 1 diantara 11 orang dewasa menyandang diabetes. Hampir 80% orang diabetes ada di negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Penderita Diabetes Terbanyak

Indonesia juga menghadapi situasi ancaman diabetes serupa dengan dunia. International Diabetes Federation (IDF) Atlas 2017 melaporkan bahwa epidemi Diabetes di Indonesia masih menunjukkan kecenderungan meningkat.

Cina merupakan negara yang paling tinggi penderita diabetes dengan 114,4 juta penderita. Penderita diabetes di India juga cukup tinggi dengan 72,9 juta penderita. Amerika Serikat mencapai 30,2 juta penderita diabetes. Indonesia menduduki posisi ke enam dengan 10,3 juta penderita diabetes.

Kemudian, ada Rusia dengan 8,5 juta penderita. Posisi ke delapan diduduki oleh Mesir dengan penderita sebanyak 8,2 juta. Sedangkan, Jerman dan Pakistan juga memiliki penderita diabetes tinggi dengan jumlah 7,5 juta.

Sumber: Indonesia Baik

  Komentar untuk Ancaman Diabetes di Dunia Dalam Angka

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!