Anak Balita Anda Tantrum Di Tempat Umum, Berikut Cara Mencegahnya

23426 medium anak balita anda tantrum di tempat umum  berikut cara mencegahnya
Tantrum pada balita adalah hal biasa. Hal ini terjadi karena anak masih belajar mengendalikan emosinya. Pelampiasan emosi lewat tantrum biasanya terjadi pada balita jika kemauannya tidak tercapai atau tidak dituruti.

Hal ini tentu bukan masalah besar jika dia tantrum saat di rumah. Banyak mainan dan makanan yang bisa Anda gunakan untuk menenangkannya. Namun bagaimana jika anak Anda tantrum saat Anda mengajaknya berpergian?

Berikut langkah-langkah yang disarankan ahli di WebMD untuk mencegahnya:

Hindari Situasi di Mana Tantrum Cenderung Terjadi.
Cobalah untuk menjaga rutinitas harian Anda se-konsisten mungkin dan beri anak Anda peringatan lima menit sebelum berganti kegiatan.

Berkomunikasilah Dengan Anak Anda.
Jangan meremehkan kemampuannya untuk memahami apa yang Anda katakan. Katakan kepadanya apa rencana Anda untuk menghindari hal di luar dugaannya.

Bawa Mainan dan Makanan
Biarkan anak Anda membawa mainan atau makanan kesukaannya. Hal tersebut bisa membantunya tetap sibuk.

Cukup Makan dan Tidur
Pastikan anak Anda cukup tidur dan cukup makan sebelum Anda mengajaknya pergi. Hal ini berguna untuk mengurangi anak rewel dan akhirnya menjadi tantrum.

Sembunyikan Barang/Makanan Yang Tidak Diperbolehkan Anda
Sembunyikan barang/makanan yang tidak diperbolehkan saat jam makan, misalnya permen, dsb. Hal ini mencegah Anda bersitegang dengan si kecil yang akan mengakibatkannya untuk tantrum.

Berikan Sedikit Kendali Pada Anak Anda
Biarkan anak Anda memilih buku mana yang ingin dia bawa atau makanan apa yang ingin di makan saat berpergian. Pilihan-pilihan kecil ini tidak akan membuat banyak perbedaan bagi Anda, tetapi mereka akan membuat anak Anda merasa seolah-olah ia memiliki kendali.

Alihkan Perhatiannya
Perhatian balita cepat berlalu dan mudah dialihkan. Ketika wajah anak Anda mulai berkerut dan memerah, Anda bisa melakukan berbagai cara untuk mengalihkan perhatiannya. Terkadang, humor adalah cara terbaik untuk mengalihkan perhatiannya. Buatlah wajah yang lucu atau ceritakan lelucon.

Ajari anak Anda cara lain untuk mengatasi emosinya. Jika dia sudah pintar berbicara, mintalah agar dia menggunakan kata-katanya daripada berteriak tidak jelas.

Jika tantrum masih sering terjadi saat usia anak menginjak 4 tahun, atau dia sering menyakiti dirinya atau orang lain, konsultasikan masalah tersebut dengan dokter anak.

Sumber Foto: Flickr - CC0

Punya info warga yang bermanfaat? Yuk posting di AtmaGo! #AtmaGo #InfoWarga #WargaBantuWarga #Evergreen
Sudah dilihat 50 kali

Komentar