Alternatif Selain Obat Untuk Pasien Stroke

Data?1503526438
Pasien stroke selama ini direkomendasikan untuk mengonsumsi obat pengencer darah, namun hal tersebut berisiko karena dapat menyebabkan pendadahan. Kini ada metode penanganan stroke yang dapat membuat pasien tak perlu ketergantungan obat pengencer darah, yakni dengan alat Left Atrial Appendage (LAA Occluder Implant).

Hal ini disampaikan Teguh Santoso, dokter spesialis jantung pembuluh darah RSCM. Metode penanganan terkini stroke ini dapat menurunkan risiko stroke pada pasien fibrilasi atrial. Kondisi ini merujuk pada kelainan irama jantung yang menjadi tidak teratur.

LAA Occluder Implant, kata dr Teguh, berfungsi menutup area jantung bernama Left Atrial Appendage untuk mencegah bekuan darah masuk ke pembuluh darah yang berisiko stroke. Meski tidak 100 persen, tetapi menurutnya alat tersebut sangat ideal untuk menurunkan risiko stroke pada pasien fibrilasi atrium.

Dalam jangka waktu 1,5 bulan setelah pemasangan alat tersebut, sambungnya, akan menyatu dengan kantung jantung secara keseluruhan. Pada gilirannya, pasien AF bisa menghentikan konsumsi obat pengencer darah (walfarin).

Prosedur implan ini dilakukan dalam satu kali tindakan dengan lama tindakan satu sampai dua jam. Setelah tindakan, dokter akan melakukan observasi terhadap perkembangan pasien di rumah sakit selama 24 jam.

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan penanganan kesehatan kita.

Disarikan dari suara

Komentar