Alkohol Salah Satu Picu Kanker Payudara

20999 medium 589896 620
Mengetahui gejala dan melakukan deteksi dini terhadap kanker payudara memang hal yang penting. Namun, selain hal tersebut asupan makanan dan minuman yang Anda konsumsi juga sama pentingnya. Ada beberapa jenis makanan atau minuman yang kandungan zat di dalamnya dapat mempengaruhi perkembangan sel kanker payudara maupun yang dapat membantu menurunkan risiko kanker payudara.

Dokter Spesialis Bedah Konsultan Onkologi, dr. M. Yadi Permana, Sp. B (K) Onk., dalam acara Serba Serbi Kanker di Jakarta, 29 Januari 2018, mengungkapkan apa saja makanan yang sebaiknya dikonsumsi dan dihindari terkait penyakit kanker payudara, “Konsumsi buah dan sayuran, terutama sayuran hijau dapat menurunkan risiko kanker payudara,” ucapnya.

Berikut ini yang sebaiknya dikonsumsi menrut dr. Yadi untuk membantu mengurangi risiko kanker payudara.

1. Bayam
Salah satu sayuran hijau ini mengandung serat yang kasar, mengandung karotenoid dan nitrosamin yang dapat membantu menurunkan risiko kanker payudara.

2. Brokoli
Sayuran ini dikenal sebagai sayuran pelawan kanker karena mengadung enzim glucoraphanin.

3. Tomat
Merupakan tanaman yang kaya sumber antioksidan-lycopene, yang dapat memproteksi tubuh dari berbagai sel kanker. Tomat juga mengandung vitamin C yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

4. Apel
Buah ini memiliki kandungan glukoronat sehingga mampu menghambat perkembangan sel kanker sehingga penderita mulai mencapai perkembangan kondisi yang lebih baik. Bekerja sama dengan fitokimia yang mampu mengikat kolesterol baik, sehingga mendukung metabolisme secara optimal.

5. Blueberry
Memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga mampu membantu menurunkan risiko kanker payudara.

Setelah mengetahui apa saja yang sebaiknya dikonsumsi, berikut makanan atau minuman yang harus Anda hindari karena bisa memicu tumbuhnya sel kanker payudara.

1. Makanan yang mengandung karbohidrat
Bukan sepenuhnya Anda harus menghindari makanan yang mengandung karbohidrat, namun yang perlu Anda perhatikan adalah takaran konsumsi karbohidrat yang harus dibatasi agar tidak berlebihan di dalam tubuh. Karena karbohidrat di dalam tubuh dapat diubah menjadi sel lemak dan menyebabkan obesitas. Obesitas merupakan salah satu faktor risiko dari penyakit kanker.

2. Makanan yang dimasak dengan cara dibakar
Mungkin Anda menyukai bagian luar makanan yang hangus menghitam pada makanan yang dibakar. Namun, tahukah Anda bagian hangus tersebut menghasilkan senyawa kuinon dan benzopirene dan memiliki zat radikal bebas merangsang pertumbuhan kanker.

3. Alkohol
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun menyebut alkohol sebagai karsinogen yaitu suatu unsur yang dapat menyebabkan kanker. Kebiasaan mengonsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko kanker payudara setidaknya 5 persen, terutama pada wanita. Hal ini karena mengkonsumsi alkohol dapat memicu peningkatan hormon estrogen dalam tubuh. Hormon estrogen yang berlebihan dapat memicu terjadinya kanker payudara.

tempo.com
Sudah dilihat 49 kali

Komentar