ALAT PERONTOK JAGUNG DAN PASAH SINGKONG/PISANG “TERUNGGUL SE-INDONESIA” 2016

22610 medium 11 08 52 kecil 1470796130img 1190
Sebuah hasil karya teknologi yang sangat bermanfaat serta dapat mendorong perkembangan teknologi terapan di Gunungkidul. Alat yang dapat dimanfaatkan oleh Petani jagung dan Pengusaha keripik singkong atau pisang. Alat ini sangat membantu dikarenakan sangat efektif, efisien dan murah.

Ahnaf Fauzy Zulkarnain yang dibimbing oleh Pujiyanto, S.Pdi Guru Pembimbing sekaligu Ayah kandungnya membuat alat ini dengan melakukan rangkaian pengamatan serta percobaan yang panjang. Mereka mengamati cara yang digunakan oleh Petani sekitar yang merontokkan biji jagung hanya dengan tangan. Selain itu pengamatan juga dilakukan terhadap para pembuat criping yang masih menggunakan alat pasah manual sehingga kurang efisien.

Berawal dari masalah ini, Ahnaf dan Pembimbing berusaha mencari solusi. Dengan melakukan berbagai percobaan dan pembenahan akhirnya tercipta sebuah alat sederhana. Alat ini dapat digerakkan menggunakan dinamo (energy listrik) dan juga dapat digerakkan secara manual.

Alat ini yang membawa Ahnaf menjadi Peneliti Cilik Unggul Se-Indonesia dalam ajang lomba sains Kalbe Junior Scientist Award (KJSA) 2016 . Alat ini sangat bermanfaat untuk diri sendiri juga Warga Masyarakat Luas. Selain itu alat ini juga murah, dengan biaya Rp.400.000,- (empat ratus ribu rupiah) sudah mendapatkan alat dengan 2 fungsi ini.
Sudah dilihat 71 kali

Komentar