Alat - Alat Tepat Guna Hadir Di Gelar Teknologi Kabupaten Bantul.

67712 medium post 72012 3d747220 f46c 46b8 9554 1e708c5ee8d1 2019 07 24t16 48 22.947 07 00 67713 medium post 72012 d2d8dfd2 ab10 43d6 b443 9ce3b46aeceb 2019 07 24t16 48 26.266 07 00 67714 medium post 72012 2e78df8d dab8 460b 8663 d0ac5b8bb80d 2019 07 24t16 48 26.913 07 00
Dalam rangka meningkatkan pengembangan ekonomi pedesaan dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi tepat guna di kabupaten Bantul , kemarin (23/07) Dinas PPKBPMD bekerjasama dengan tim penggerak PKK Kabupaten Bantul mengadakan Gelar Teknologi Tepat Guna. Acara tersebut diselenggarakan di komplek perkantoran Pemda Bantul , Manding .
Beberapa rangkaian acara diselenggarakan. Diantaranya senam masal dan pameran yang diisi gerai - gerai hasil karya teknologi dari beberapa kecamatan di Bantul.
" Gelar teknologi ini bertujuan memudahkan mengenalkan teknolgi tepat guna yang sudah ditemukan di pos pelayanan teknologi di 17 pos teknologi Bantul. "
" Memberikan apresiasi untuk penemu teknologi tepat guna, menambah wawasan pemerintah dan masyarakat, untuk meningkatkan kualitas dan kwantitas produk menuju desa mandiri , dan juga bertujuan
menumbuhkan budaya enterpreneur kepada masyarakat Bantul." Demikian yang disampaikan Didik Warsito selaku PLt Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (PMD) dalam sambutannya.
TTG yang bertajuk "Melalui Gelar Teknologi Tepat Guna Kita Tingkatkan Inovasi Teknologi Pedesaan Menuju Desa Yang Maju Mandiri dan Sejahtera Sesuai Dengan Kearifan Lokal" ini kemarin mulai didatangi peserta senam sejak pukul 6 pagi. Tidak kurang dari 900 orang hadir memeriahkan acara yang didanai oleh APBD Bantul ini.
Bupati Bantul sendiri menyambut baik dan memberikan apresiasi yang baik .
" Meningkatkan kesejahteraan masyarakat hendaknya mengacu pada
3 gelombang peradaban. Yaitu peradaban pertanian , peradaban informasi , dan peradaban industri. " Demikian disampaikan Jamhari sekda kabupaten Bantul saat membacakan amanat Bupati Bantul .
" Mendayagunakan semua sumberdaya alam, pandai mengolah dan menggunakannya akan menjadikan desa memiliki basis yang kuat untuk menghadapi situasi apapun. " Imbuhnya .
Teknologi tepat guna sangat berguna untuk meningkatkan kualitas juga kwantitas produksi di pedesaan. Tidak hanya mengenai alat , tetapi juga mengenai teknologi proses atau membuat produk.
Dengan adanya dana desa dapat digunakan untuk pemberdayaan masyarakat dan untuk meningkatkan pengetahuan teknologi.
Bupati juga berharap penambahan pengetahuan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.
Jika kualitas dan kwantitas produksi meningkatkan tentu akan memberi nilai tambah pada desa. Dan menjadi peluang untuk para pengusaha berinvestasi di Bantul .
" Mari ciptakan teknologi tepat guna berbasis kearifan lokal." Ajakan tersebut menutup sambutan Bupati Bantul dalam acara ini.
Sementara itu , gerai - gerai ramai didatangi pengunjung dan dinilai oleh tim juri.
Pengunjung yang datang tidak hanya dari Bantul, hadir pula staf pemerintahan kecamatan Pekalongan , kabupaten Lampung Barat mengutus para pamongnya untuk menyaksikan acara ini.
Gerai - gerai diisi beberapa kecamatan yang memamerkan karya teknologinya.
Ada kecamatan Imogiri dengan alat caplak penanam padinya. Alat ini menjawab kondisi semakin terbatasnya SDM penanam padi. Dengan hasil lebih cepat dan rapi.
Ada pula spinner dari kecamatan Kretek. Kecamatan Pajangan memamerkan emping garut yang dicetak dengan alat hidrolis. Sehingga emping Pajangan bisa lebih enak karena tidak nylontrot ( berserat ) dan produksinya bisa lebih cepat.
Kecamatan Piyungan membuat alat pemipil jagung . Hasilnya cepat dan jagung pipil yang dihasilkan utuh bisa ditanam kembali .
Kecamatan Pleret mengusung perajang singkong produksi cepat , kecamatan Sanden mengenalkan alat si Ireng yang bisa menanam jagung dengan cepat .
Tampil pula kecamatan Jetis dengan kompor berbahan bakar oli bekas .
Kecamatan Kasihan memamerkan alat pengaduk tepung membuat kripik sagu , ketika diaduk cepat selesai dan homogen.
Kecamatan Sedayu membuat alat pengangkat sampah di aliran irigasi .
Prestasi yang membanggakan pos - pos teknolgi di Bantul ini bisa membuat alat yang menjawab kebutuhan masyarakat pedesaan. Ini artinya, capaian tepat guna dan berbasis kearifan lokal bukanlah suatu yang sulit diraih.
Tim penggerak PKK desa Gilangharjo juga turut meramaikan acara pembukaan TTG dengan mengirim utusannya dalam senam dan salah satu peserta dari Gilangharjo mendapat undian berupa sepeda . Selamat ! (Rins) #gelarteknologibantul2019 #bantul
Sudah dilihat 45 kali

Komentar