Aksi Droping Air Bersih Relawan Jogja

4 0 243
Gambar untuk Aksi Droping Air Bersih Relawan Jogja
Girimulyo.atmaGo.com.

Kekeringan panjang musim kemarau 2019 setidaknya pada bulan September ini masih berlangsung. Hal ini disebabkan beberapa faktor yaitu fenomena El Nino, kuatnya Muson Australia, dan anomali peningkatan suhu udara akibat perubahan iklim.

Dalam mengurangi dan membantu warga yang kesulitan air bersih karena musim kemarau ini, maka organisasi relawan telah menyalurkan bantuan air bersih hampir di banyak tempat. Salah satunya di kawasan pegunungan menoreh bagian selatan.

Minggu, 7 September 2019. Komunitas Relawan Yogyakarta Jalin Komunikasi Mandiri telah memberikan bantuan air bersih di tiga wilayah. Masing-masing di dusun Gedong, Patihombo Purwosari Girimulyo, SMP Sanjaya Girimulyo dan dusun Pelem Kebonharjo Samigaluh. Distrubusi bantuan air bersih itu merupakan kepedulian bagi sesama yang saat ini membutuhkan uluran tangan kita bersama. Untuk sumber air yang diambil berasal dari mata air terdekat dari wilayah terdekat. Sedangkan droping air bersih dari masing-masing wilayah terdampak sekitar 1000 liter.
Menurut beberapa warga yang ditemui pada saat droping air bersih mengatakan bahwa sudah dalam 2 bulan terakhir ini kami kesulitan air bersih. Baik untuk kebutuhan minum dan mandi cuci. Namun dengan bantuan ini setidaknya bisa meringankan beban kami. Sehingga kegiatan droping ini sangat disambut positip.

Bahkan BMKG sudah memprediksi periode kemarau tahun ini (Mei-Oktober) akan lebih kering dibanding tahun 2018. Sehingga, perlu kewaspadaan dan antisipasi lebih dini dari pemerintah dan masyarakat.

Berdasarkan pantauan BMKG dari Awal Agustus 2019, beberapa wilayah sudah mengalami kekeringan meteorologi level ekstrim dimana tercatat ada daerah yang sudah lebih dari 60 hari tidak ada hujan, bahkan lebih lebih dari 90 tidak ada hujan. Kondisi ini tentu akan memiliki dampak lanjutan terhadap kekeringan pertanian dan kekurangan air bersih masyarakat. Untuk itu dimohon selalu waspada.

#desapurwosari

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Pray For Indonesia Januari 2021

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Klaten Utara, Klaten  |  17 Jan 2021
  2. Pray For Indonesia From Tangerang

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Cisauk, Tangerang Kabupaten  |  19 Jan 2021

Komentar Terbanyak

  1. 2
    Komentar

    Pembukaan Beasiswa Banyuwangi Cerdas 2021

    Wisnu Artedjo  di  Banyuwangi  |  21 Jan 2021
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar

    Terpilihnya Dhiyaur Ridho, Begini Harapan dan pendapat teman-teman IKAMALA Sidoarjo

    Zuria Qurrotul Aini  di  Brondong, Lamongan  |  21 Jan 2021
  4. 1
    Komentar

    Pengungsi Banjir Kota Pekalongan Telah Kembali Ke Rumah Masing-Masing

    Siswoyo R  di  Pekalongan Kota  |  21 Jan 2021