AJANG FLS2N SD KECAMATAN BATUKLIANG DIMERIAHKAN UDIN SEDUNIA

4 March 2020, 20:17 WIB
2 2 330
Gambar untuk AJANG FLS2N SD KECAMATAN BATUKLIANG DIMERIAHKAN UDIN SEDUNIA
Barabali - Ajang kontestasi adu bakat seni di kalangan siswa siswi dari level SD sapai SMA secara rutin dilaksanakan setiap tahun secara berjenjang, mulai dari seleksi di tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi sampai ke tingkat nasional. Kontestasi seni ini lebih dikenal dengan nama Festival Dan Lomba Seni Siswa Nasional atau disingkat FLS2N. Kontestasi seni ini merupakan program pemerintah untuk mencari bakat siswa siswi di bidang seni seperti: Nyanyi Tunggal, Tari Kreasi, Gambar bercerita, Kriya anyaman, dan Pantomim pada tingkat sekolah dasar (SD). Ajang ini pada umumnya di laksanakan di dalam ruangan (indoor) dimana hanya diikuti oleh sekolah-sekolah tertentu seperti sekolah inti pada setiap gugus. Memang katanya perserta yang dikirim ke kecamatan sudah melewati proses seleksi di gugus tapi kenyataannya banyak sekolah yang tidak ikut seleksi di gugus dengan alasan biaya sehingga ujung-ujungnya sekolah intilah yang mewakili gugus untuk seleksi di kecamatan.

Festival Dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SD Kecamatan Batukliang tahun ini diselenggarakan dengan konsep dan format yang berbeda dengan pelaksanaan ditahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini FLS2N diselenggarakan pada hari ini tanggal 4 Maret 2029 di out door atau diluar ruangan tepanya di halaman SDN Barabali dan semua peserta lomba berasal dari seluruh Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Batukliang. Kemudian untuk menjaga netralitas dan objektifitas penjurian, maka panitia bekerja sama dengan Komunitas Seniman Guru (KOSERU) Lombok Tengah. Artinya para juri didatangkan dari komunitas seniman yang sangat profesional dibidangnya diantaranya yang duduk di meja juri untuk mata lomba nyanyi solo dan tari adalah: Lukmanulhakim, S.Pd lulusan UNY jurusan seni musik dan Fahrudin Ali khairi,S.Pd lulusan Institut Kesenian Jakarta dan sempat berkiprah sebagai asisten sutradara di rumah produksi film Multi Vision Jakarta selama 12 tahun. Sedang yang duduk di juri mata lomba Gambar bercerita, kriya anyaman dan pantomim adalah L. Budi Utama, S.Pd, beliau seorang budayawan dan praktisi film dan Amalia, S.Pd, beliau lulusan UNY jurusan seni rupa.

Selanjutnya konsep pelaksanaan FLS2N di luar ruangan (out door) dengan harapan masyarakat luas khususnya para orang tua wali murid sebagai pengguna layanan pendidikan (customer) dapat menyaksikan sejauh mana hasil pendidikan institusi sekolah sebagai layanan jasa. Disamping itu juga dengan ikut sertanya seluruh sekolah mengirim pesertanya maka diharapkan bakat-bakat yang dimiliki oleh para siswa SD yang ada di kecamatan Batukliang secara menyeluruh bisa terjaring.

Menurut ketua panitia Zulkarna,S.Pd., MBA, semua siswa-siswi baik yang ada di perkotaan maupun di pelosok memiliki potensi yang sama, karena dengan canggihnya teknologi sekarang ini, informasi keseluruh penjuru dunia datang pada saat dan waktu yang sama sehingga peluang baik bagi anak-anak pelosok dengan anak-anak di kota memiliki kesempatan yang sama untuk maju dan berkembang. Sebagai bukti pada ajang kontes adu vokal di tingkat nasional seperti Indonesian Idol atau Liga Dangdut justru yang jadi juara adalah anak kampung yang taraf ekonominya rendah. Sebut saja juara Indonrsian Idol Ikhsan dan Weny sebagai juara Lida Dangdut Indonesia. Ikhsan adalah seorang anak tukang becak yang berasal dari kampung, demikian juga Weny, anak penjual buah yang berasal pelosok Kalimantan Barat.

Dengan demikian Ketua panitia berharap kepada seluruh bapak ibu kepala sekolah dan bapak ibu guru pembina untuk tidak bosan bosannya mencari minat dan bakat para siswa dan membantu mereka untuk mengeksplorasi potensi yang dimiliki agar bisa berkembang secara optimal dan dapat dijadikan bakatnya sebagai mata pencaharian mereka. Karena pendidikan bukan terpusat pada persoalan kemampuan akademik saja tetapi yang paling penting adalah life skill dan sikap prilaku yang baik agar mereka bisa memecahkan persoalan hidupnya kelak sehingga mereka mampu untuk bertahan hidup (survive).

Pada acara sambutan pembukaan FLS2N, bapak ketua panitia penyelenggara menyampaikan beberapa hal penting untuk direnungkan bersama sebagai motivasi bagi bapak ibu pembina diantaranya adalah:"Kegiatan FLS2N yang diselenggarakan setiap tahunnya, tidak hanya berorientasi pada ambisi untuk mejadi juara, akan tetapi esensinya terletak pada nilai pendidikan, yaitu menjadikan kegiatan ini sebagai pengalaman belajar (learning experience,)", beliau juga menambahkan "memang benar, dalam FLS2N ada ajang kompetisi dan unjuk kemampuan, akan tetapi pada dasarnya kegiatan lomba tersebut merupakan ajang pembelajaran terutama dalam hal olah pikir, olah hati dan olah rasa serta pengembangan sikap dan kepribadian siswa, seperti sikap saling menghargai, saling menghormati, solidaritas dan toleransi."

Selanjutnya yang paling menarik dalam pelaksanaan FLS2N kali ini adalah dengan hadirnya salah seorang bintang youtube nasional yang sempat viral. Dia adalah Udin Sedunia. Udin didaulat sebagai MC sehingga acara lebih menarik dan menghibur. Dengan tampilnya Udin Sedunia suasana lomba menjadi tidak tegang namun semua peserta menjadi lebih rilek dan lebih pede untuk tampil. Bayolan Udin disela-sela nge-Mc membuat para undangan dan para penonton tertawa terpingkal-pingkal. Hal ini membuat suasana semakin hidup dan meriah. Tidak sedikit para hadirin yang memanfaatkanj momentum FLS2N untuk ber-selfy bersama Udin baik para guru, siswa dan para kepala sekolahpun tidak mau ketinggalan.(Zul)

  2 Komentar untuk AJANG FLS2N SD KECAMATAN BATUKLIANG DIMERIAHKAN UDIN SEDUNIA

Tulis komentarmu...

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Jelang Idul Fitri Semua Pusat Perbelanjaan Ditutup

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  21 May 2020
  2. Situs Untuk Membuat Kartu Ucapan Idul Fitri

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Surabaya  |  21 May 2020
  3. #yukpedulitetangga

    Eriyana Putri Nuramdani  di  Citamiang, Sukabumi Kota  |  21 May 2020

Komentar Terbanyak

  1. 4
    Komentar

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H

    Lalu Iskandar  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 May 2020
  2. 3
    Komentar

    Hargailah Para Pejuang Melawan Covid-19

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 May 2020
  3. 3
    Komentar

    Jelang Idul Fitri Semua Pusat Perbelanjaan Ditutup

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  21 May 2020
  4. 2
    Komentar

    CORONA TIDAK MENJADI PENGHALANG RUTINITAS

    WAHYU NAN HANDA  di  Praya, Lombok Tengah  |  20 May 2020