Air Sungai Cileungsi Berwarna Hitam dan Berbau Menyengat

21 July 2019, 4:11
5 0 252
Gambar untuk Air Sungai Cileungsi Berwarna Hitam dan Berbau Menyengat
Sungai Cileungsi yang berlokasi di Bogor Jawa Barat belakangan ini kembali tercemar limbah industri dan domestik. Pasalnya, air sungai berubah warna menjadi hitam pekat dan mengeluarkan bau tak sedap yang menyengat.

"Sungai Cileungsi kembali hitam pekat dan bau menyengat" ujar Puarman Kahar pengunggah foto sungai Cileungsi yang tercemar di laman Facebooknya, Sabtu (20/7/2019).

Puarman, selaku ketua Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas (KPS2C), langsung turun langsung ke bibir sungai untuk mengecek kebenaran informasi warga Villa Nusa Indah 5 yang berlokasi di Curug Parigi, kecamatan Gunung Putri, kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Atas aduan warga, saya mengecek langsung ke lokasi, di antaranya ke Jembatan Cikuda Wanaherang, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, dan wilayah Curug Parigi di Vila Nusa Indah 5, perbatasan Kabupaten Bogor dan Kota Bekasi,” jelas Puarman.

Pencemaran ini diduga kuat terjadi akibat pembuangan limbah industri dan domestik ke badan sungai Cileungsi dan hal ini berungkali terjadi setiap tahun saat debit air sungai mengecil di musim kemarau.

"Sejak akhir tahun 2018 pemerintah telah melakukan berbagai upaya mengatasi pencemaran sungai Cileungsi. Tapi sepertinya perlu langkah lebih tegas dan keras lagi terhadap oknum yang membuang limbah ke sungai" tegas ketua KPS2C ini.

Sumber: Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas.
Foto: Puarman.

  Komentar untuk Air Sungai Cileungsi Berwarna Hitam dan Berbau Menyengat

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!