Air Mancur Dioperasikan, RTH Muhajirin Kian Ramai

28 January 2020, 10:01 WIB
1 0 111
Gambar untuk Air Mancur Dioperasikan, RTH Muhajirin Kian Ramai
Praya (Suara NTB) – Keberadaan air mancur di kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Muhajirin Praya mampu memberikan dampak instan untuk menarik minat masyarakat untuk datang ke kawasan tersebut. Terbukti, sejak fasilitas senilai Rp 2,6 miliar ini dioperasikan awal tahun kemarin, angka kunjungan di kawasan tersebut melonjak tajam. RTH Muhajirin pun kini telah menjelma sebagai salah satu pusat keramaian di Kota Praya, utamanya di malam hari.

TIDAK hanya pedagang yang merasakan dampak dari melonjaknya kunjungan masyarakat tersebut. Petugas parkir pun kini juga ikut merasakan manfaat yang sama. Bagaimana tidak, sebelumnya RTH Muhajirin Praya tidak seramai saat ini. Pemasukan dari jasa parkir pun tidak seberapa. Tapi kini, setelah adanya air mancur, pemasukan dari jasa parkir melonjak tajam.

Pelaku usaha terutama usaha kuliner yang paling merasakan manfaatnya ramainya RTH Muhajirin. Sejak sebulan terakhir, omset usaha para pelaku usaha kuliner naik signifikan. Terutama pada malam-malam saat air mancur dioperasikan.

Maklum, air mancur RTH Muhajiirin tidak dioperasikan setiap malam. Hanya tiga kali dalam sepekan. “Hanya malam Rabu, Sabtu dan malam Minggu saja air mancurnya dioperasikan,” aku Yudi, pelayan salah satu kafe di kawasan RTH Muhajirin Praya, kepada Suara NTB.

Pada malam-malam itulah pengunjung banyak datang. Walaupun memang niat awalnya untuk melihat langsung keindahan air mancur warna-warni tersebut, ujung-ujungnya juga berhenti untuk menikmati kuliner yang ada. “Kan selesai melihat air mancur, orang pasti lapar. Setelah itu mereka pasti makan. Dan, jarang yang datang sendiri. Biasanya berkelompok,” terangnya.

Yang datang pun tidak hanya masyarakat Kota Praya saja. Dari luar Kota Praya juga banyak yang datang. Bahkan dari luar Loteng, seperti Lombok Barat (Lobar) Kota Mataram maupun Lombok Timur (Lotim) juga banyak yang datang. Karena penasaran ingin melihat langsung keindahan air mancur yang bisa mengikuti irama musik tersebut.

Ramainya pengujung memancing pelaku usaha lainnya untuk membuka dagangannya. Bukan hanya pelaku usaha kuliner saja yang bertambah, pusat permainan anak-anak juga kian bertambah banyak. Bahkan kini, kawasan RTH Muhajirin mulai diserbu pedagang durian dari berbagai wilayah di Loteng.

“Karena memang lagi musimnya, jadi banyak pedagang durian yang memanfaatkan keramaian di RTH Muhajirin untuk berjualan durian,” tambah Ahyar, pengunjung RTH Muhajirin Praya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Loteng, L. Firman Wijaya, mengatakan, air mancur yang dibangun Pemkab Loteng tersebut masih sangat terbatas jumlahnya. Bahkan di Indonesia hanya ada tiga daerah. Selain di Kota Praya Loteng, juga di Jakarta dan di Surabaya.  “Spesifikasi air mancur yang dibangun ini hanya ada tiga di Indonesia. Di Jakarta, Surabaya dan di Praya Loteng,” terangnya.

Keberadaan air mancur itu diharapkan bisa menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk mau datang berkunjung ke RTH Muhajirin Praya. Karena RTH Muhajirin sendiri sudah dirancang sebagai salah pusat keramaian di Kota Praya, sehingga butuh dukungan fasilitas yang berbeda yang bisa menjadi daya tarik tersendiri supaya orang mau datang ke RTH Muhajirin Praya. (kir)

sumber : suarantb.com

  Komentar untuk Air Mancur Dioperasikan, RTH Muhajirin Kian Ramai

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!

Related Posts

Terbaru

Berita Warga
1 menit

Yuk Bantu Temukan Pak Rebo

𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Terpopuler

  1. SELAMAT KEPADA BUPATI LOMBOK UTARA

    @ichaq_rasyid  di  Praya, Lombok Tengah  |  12 Feb 2020
  2. Atraksi Teaterikal Peserta Karnaval Putri Mandalika 2020

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  14 Feb 2020
  3. KABID ILMATE PERINDUSTRIAN PROVINSI NTB KUNJUNGI PENGRAJIN ALAT PERTANIAN DI DUSUN BEREMBENG

    Lalu Iskandar  di  Jonggat, Lombok Tengah  |  15 Feb 2020
  4. Jatuh Cinta Pada Menulis Hingga Menahodai Sebuah Komunitas

    Niya Kaniya  di  Kopang, Lombok Tengah  |  15 Feb 2020

Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar

    Bakesbangpoldagri: Banyak Wilayah di NTB Terpapar Narkoba

    Arianto  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  13 Feb 2020
  2. 4
    Komentar

    Jatuh Cinta Pada Menulis Hingga Menahodai Sebuah Komunitas

    Niya Kaniya  di  Kopang, Lombok Tengah  |  15 Feb 2020
  3. 4
    Komentar

    Kegiatan Aisyiyah Kec. Mergangsan meriah

    Rita Jatmikowati  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  14 Feb 2020
  4. 2
    Komentar

    Antara Nilai dan Nilai Nilai

    Muhammad Rizal Suryadin  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  11 Feb 2020