Air bersih hadir di Kecamatan Cibarusa Kabupaten Bekasi

64716 medium post 69548 aa635186 ceec 4c39 ae27 889d6a65b3cc 2019 06 26t14 02 51.948 08 00
Ratusan kepala keluarga di Kecamatan Cibarusa, Kabupaten Bekasi sulit dapat air bersih untuk konsumsi maupun kebutuhan mandi, cuci, kakus (MCK) karena sumur mulai keringan.
Kejadian tersebut ajak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi Bekasi melalui Cabang Cibarusah kirim air. Kepala PDAM Tirta Bhagasasi Cabang Cibarusah, Ganjar Munandar tegaskan telah mengirim bantuan air bersih sejak pekan lalu.
"Sejak pekan lalu, kami mulai mendistribusikan air bersih kepada warga terdampak di Cibarusah," ujarnya, Rabu (26/6/2019).
Dia melanjut, PDAM bersama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi saling berkoordinasi turunkan mobil tangki ke lokasi.
"BPBD mengerahkan mobil tanki untuk menyalurkan air. Mobil tangki kami jumlahnya sangat terbatas," tuturnya.
Belia juga katakan Air tersebut di berikan secara cuma-cuma kepada warga.
"Warga yang terdampak kekeringan, memang bukan pelanggan PDAM tapi kami salurkan air bersih secara gratis, ini bentuk tanggung jawab sosial kami kepada masyarakat," imbuhnya.
Kepala Bagian Hukum dan Humas PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi, Yusmet, beberkan jika pihaknya sudah lama menjalin kerja sama dengan BPBD Kabupaten Bekasi dalam pendistribusian air bersih.
"Penyaluran air bersih kepada warga yang terdampak kekeringan, sudah menjadi agenda rutin tahunan PDAM dalam menyediakan air bersih saat kemarau. Bantuan juga diberikan saat warga terdampak banjir yang kesulitan mendapat air bersih," ujarnya.
Lantaran jumlah mobil tangki masih kurang, BPBD Kabupaten Bekasi ikut turunkan 3-5 mobil per hari.
"Penyaluran air bersih, kami dibantu mobil tangki dari BPBD," katanya.
Adapun 3 desa di wilayah yang kekeringan di Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi yakni Desa Ridogalih, Desa Sindangmulya, dan Desa Ridomanah.
"Jumlah kecamatan dan desa yang mengalami kekeringan akan bertambah seiring dengan puncak musim kemarau," sambungnya.
Selengkapnya:
Beritasatu (Kekeringan, PDAM dan BPBD Kabupaten Bekasi Salurkan Air Bersih)
Sudah dilihat 31 kali

Komentar